Analisis Sistem Informasi Aplikasi Guru Surabaya di Dinas Pendidikan Kota Surabaya
Analysis of the Surabaya Teacher Application Information System at the Surabaya City Education Office
Penelitian Analisis Sistem Informasi Aplikasi Guru Surabaya di Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa permasalahan, seperti Kurangnya pelatihan dan sosialisasi mengenai menu-menu atau tampilan yang tersedia pada aplikasi SIAGUS, Absensi pada aplikasi SIAGUS hanya dapat dilakukan melalui smartphone Android, Sering terjadi bug pada aplikasi pada saat menyimpan laporan jurnal kegiatan. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian berlandasan Teori Keberhasilan Menurut Delone dan McLean 2003 Sistem Teknologi dan Informasi dalam Electronic Governemnt. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisa data yaitu reduksi data dengan melakukan coding data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator Kualitas Informasi belum terlaksana dengan baik karena pada kategori kelengkapan terdapat keluhan tentang pemahaman guru mengenai pengoperasian menu dalam aplikasi SIAGUS. Kualitas System belum terlaksana dengan baik karena pada kategori Fleksibilitas Sistem, Integrasi Sistem dan Kenyamanan Akses masih terdapat kendala seperti aplikasi SIAGUS ini belum dapat di download oleh user iphone dan hanya dapat di download dengan user android. Kualitas Pelayanan sudah terlaksana dengan baik karena setiap layanan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya sudah ditangani oleh pegawai yang handal dan sudah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu. User pengguna dan keutungan sudah dapat dikatakan baik. Kepuasan pengguna masih belum dapat dikatakan baik masih terdapat keluhan para guru mengenai pengoperasian tampilan menu-menu aplikasi SIAGUS.
Kata Kunci: Aplikasi SIAGUS, Electronic Governemnt, Sistem Informasi
The research on the Analysis of the Surabaya Teacher Application Information System at the Surabaya City Education Office in its implementation still has several problems, such as lack of training and socialization regarding the menus or displays available on the SIAGUS application, Attendance on the SIAGUS application can only be done through Android smartphones, There are often bugs in the application when saving activity journal reports. Using qualitative methods with a descriptive approach. The focus of the research is based on the Success Theory According to Delone and McLean 2003 Technology and Information Systems in Electronic Governance. Data collection techniques are observation, interviews and documentation with purposive sampling techniques. The data source uses primary data and secondary data. Data analysis techniques are data reduction by coding data, presenting data, and drawing conclusions. The results of the study show that the Information Quality indicator has not been implemented properly because in the completeness category there are complaints about teachers' understanding of the operation of menus in the SIAGUS application. The quality of the system has not been implemented properly because in the categories of System Flexibility, System Integration and Access Convenience, there are still obstacles such as the SIAGUS application cannot be downloaded by iphone users and can only be downloaded by android users. The quality of service has been carried out well because every service provided by the Surabaya City Education Office has been handled by reliable employees and has received training first. The user and the integrity can be said to be good. User satisfaction still cannot be said to be good because application users are still not fully satisfied.
Keywords: Electronic Governemnt, Information System, SIAGUS Application