Dalam pembelajaran di sekolah dasar, media gambar sangat baik digunakan dan diterapkan dalam proses belajar mengajar sebagai media pembelajaran karena media gambar ini cenderung sangat menarik hati siswa sehingga akan muncul motivasi untuk lebih ingin mengetahui tentang gambar yang dijelaskan dan guru pun dapat menyampaikan materi dengan optimal melalui media gambar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media priskaber untuk anak kesulitan belajar membaca kelas 1 SD dan untuk mendeskripsikan kevalidan pengembangan media priskaber untuk anak kesulitan belajar membaca pada jenjang SD. Model penelitian ini menggunakan Research and Development. Data diperoleh dari penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan menggunakan media PRISKABER untuk membantu anak kesulitan membaca dianggap layak dan dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
In learning in elementary schools, image media is very well used and applied in the teaching and learning process as a learning medium because this image media tends to attract the hearts of students so that there will be motivation to be more curious about the pictures described and the teacher can deliver the material optimally through the image media. This study aims to describe the process of developing precaber media for children with learning difficulties to read in grade 1 SD and to describe the validity of developing precaber media for children with difficulty learning to read at the elementary level. This research model uses Research and Development. Data obtained from distributing questionnaires. The results showed that the development of using PRISKABER media to help children with reading difficulties was considered appropriate and could be used in teaching and learning activities