Pengembangan Media Audio Visual Panduan Siaga Bencana Banjir (PSBB) Berbasis Android Dalam Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Autis
Development of Android-Based Audiovisual Disaster Preparedness Guide for Flood Mitigation in Autism Learning
Mitigasi bencana banjir adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana banjir, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Anak autis membutuhkan tuntunan atau bimbingan untuk menolong dirinya dalam menghadapi bencana banjir. Media audiovisual dapat menggambarkan hubungan secara unik dan membantu siswa memahami materi yang disajikan, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengembangkan media audio visual panduan siaga bencana banjir berbasis android dalam pembelajaran mitigasi bencana banjir pada anak autis serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektivitas panduan siaga bencana banjir berbasis android Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) dengan mengadaptasi model 4-D yaitu define, desighn, development, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan define, design, dan development dengan teknik pengumpulan data dengan kuisioner, dan teknik analisis data menggunakan penghitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan yakni : (1) menghasilkan media audio visual panduan siaga bencana banjir berbasis android dalam pembelajaran mitigasi bencana banjir pada anak autis, (2) media audio visual panduan siaga bencana banjir berbasis android dalam pembelajaran mitigasi bencana banjir pada anak autis termasuk dalam kriteria sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 96%, hasil validasi ahli materi 93% serta validasi bahasa 94%, (3) uji kepraktisi media audio visual panduan siaga bencana banjir berbasis android dalam pembelajaran mitigasi bencana banjir pada anak autis oleh pengguna produk yakni guru memperoleh penilaian 88% yang menunjukkan bahwa produk sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran peserta didik autis, (4) media audio visual panduan siaga bencana banjir berbasis android dalam pembelajaran mitigasi bencana banjir pada anak autis data pretest – posttest menunjukkan hasil = 0,7 dan masuk pada kategori tinggi.
Kata Kunci : Media Audio Visual, Mitigasi Bencana Banjir, autis
Flood disaster mitigation involves a series of efforts to reduce flood disaster risks, both through physical development and raising awareness, as well as enhancing the ability to face disaster threats. Children with autism require guidance to help them cope with flood disasters. Audio-visual media can depict relationships uniquely and assist students in understanding presented materials, providing a clearer understanding. The research aims to develop an Android-based audio-visual guide for flood disaster preparedness in learning flood disaster mitigation for children with autism, and to determine the validity, practicality, and effectiveness levels of the Android-based flood disaster preparedness guide.
This research employs the Research and Development (R & D) methodology, adapting the 4-D model: define, design, development, and disseminate. The study consists of three stages: define, design, and development, using questionnaire data collection techniques and percentage-based data analysis. The results indicate that: (1) the development of an Android-based audio-visual guide for flood disaster preparedness in learning flood disaster mitigation for children with autism, (2) the Android-based audio-visual guide for flood disaster preparedness in learning flood disaster mitigation for children with autism is considered highly feasible based on media expert validation (96%), material expert validation (93%), and language validation (94%), (3) the practicality test of the Android-based audio-visual guide for flood disaster preparedness in learning flood disaster mitigation for children with autism by product users, namely teachers, yielded an 88% approval, indicating the product's suitability for use in educating autistic learners, (4) the Android-based audio-visual guide for flood disaster preparedness in learning flood disaster mitigation for children with autism, based on pretest-posttest data, showed a result of = 0.7, falling into the high category.
Keywords: Audio-Visual Media, Flood Disaster Mitigation, Autism