PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK RETOUCH REBONDING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK KECANTIKAN
MAKING A VIDEO TUTORIAL ON THE RETOUCH REBONDING TECHNIQUE AS A LEARNING MEDIUM IN BEAUTY SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Pembuatan Video Tutorial Teknik Retouch Rebonding Sebagai Media Pembelajaran di SMK Kecantikan. Jenis penelitian ini adalah quaisy eksperimen design dengan desain penelitian “One-Shot Case Study”. Validator penelitian ini adalah 8 responden di bidang materi dan media diantaranya 4 dosen S1 Pendidikan Tata Rias UNESA dan 4 guru SMK program keahlian tata kecantikan kulit dan rambut (TKKR). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Dalam prosedur penelitian ini terdapat treatment/perlakuan dengan cara responden mengobservasi media pembelajaran video tutorial yang telah di buat oleh peneliti dilanjutkan dengan mengisi instrumen penilaian berupa lembar observasi melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kualitas media pembelajaran video tutorial dengan 2 aspek penilian yaitu aspek materi dan aspek media. Penilaian aspek materi memperoleh hasil rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat baik, penilaian aspek media memperoleh hasil rata-rata 91,87% dengan kriteria sangat baik. Adapun total persentase keseluruhan pada aspek materi dan aspek media yang diperoleh dari 8 responden adalah 92,18% dengan kriteria sangat baik , artinya media pembelajaran video tutorial teknik retouch rebonding pada kompetensi dasar pelurusan rambut dapat digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK).
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Teknik Retouch Rebonding
This study aims to determine the quality of Making Video Tutorials on Retouch Rebonding Techniques as Learning Media in Beauty Vocational High Schools. This type of research is a quaisy experimental design with a research design of "One-Shot Case Study". The subjects of this study were 8 respondents in the field of materials and media aspects among them are 4 lecturers of S1 cosmetology education and 4 SMK teachers for the skin and hair beauty program (TKKR). Data collection techniques were carried out by means of observation and observation sheets. Data analysis using quantitative descriptive statistics. In this research procedure, there is treatment by means of respondents observing the video tutorial learning media that has been made by the researcher, followed by filling out the assessment instrument in the form of an observation sheet via google form. The results of this study indicate the quality of the video tutorial learning media with 2 aspects of assessment, namely the material aspect and the media aspect. Assessment of material aspects obtained an average result of 92,5 % with very good criteria, assessment of media aspects obtained an average result of 91,87 % with very good criteria. The total percentage of the overall material and media aspects obtained from 8 respondents is 92,18 % with very good criteria, meaning that the learning media for the retouch rebonding technique video tutorial on the basic competence of hair straightening can be used for the learning process in vocational high schools.
Keywords: Learning Media, Video Tutorials, Retouch Rebonding Techniques