Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tuturan persuasif dalam video blog kecantikan yang dituturkan oleh naravlog kecantikan. Fokus penelitiannya meliputi bentuk persuasif, gaya bahasa persuasif, dan teknik persuasif dalam video blog kecantikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmastilistika dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan persuasif yang muncul dalam video blog kecantikan. Data tersebut bersumber dari naravlog sebagai penutur tunggal dalam video blog dari youtube. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik agih dan metode pragmatik fungsional. Untuk menentukan kesahihan data dilakukan triangulasi data dan diskusi teman sejawat.
Temuan hasil penelitian ini dapat disebutkan sebagai berikut. Pertama, terdapat tiga bentuk tuturan persuasif dalam video blog kecantikan, yakni (1) konsistensi, (2) otoritas, dan (3) pembuktian. Kedua, Gaya bahasa persuasif dalam video blog di mana gaya bahasa tersebut ditentukan berdasarkan tuturan yang dominan bersifat memersuasi, yakni (1) gaya bahasa hiperbol, (2) gaya bahasa pleonasme, dan (3) gaya bahasa simile. Ketiga, teknik persuasi dalam video blog kecantikan, yakni (1) teknik identifikasi, (2) teknik sugesti, (3) teknik penggantian.
This study aims to identify persuasive speeches in beauty video blogs spoken by beauty naravlogs. The focus of his research includes persuasive forms, persuasive language styles, and persuasive techniques in beauty blog videos.
This study uses a pragmastilistic approach to the type of qualitative research. This research data is in the form of persuasive speech that appears in the beauty video blog. The data is sourced from Naravlog as a single speaker in the YouTube video blog. Data collection techniques used are observation. The data analysis technique used is the technique of the technique and functional pragmatics. To determine the validity of the data triangulation of data and peer discussions were carried out.
The findings of this study can be mentioned as follows. First, there are three forms of persuasive speech in beauty blog videos, namely (1) consistency, (2) authority, and (3) proof. Second, persuasive language style in video blogs where the language style is determined based on the dominant speech which is persuasive, namely (1) hyperbolic language style, (2) pleonasmic language style, and (3) simile language style. Third, persuasion techniques in beauty blog videos, namely (1) identification techniques, (2) suggestion techniques, (3) replacement techniques.