Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media modul yang sesuai dengan kebutuhan serta telah memenuhi uji kelayakan dan uji keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan borg and gall yang meliputi beberapa tahap dimana tahapan nya secara berurutan diawali dengan menggali potensi masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, validasi produk, revisi produk setelah itu diterapkan dan dilakukan tes hasil belajar siswa.
Pengujian produk dilakukan di SMA Antartika Sidoarjo pada siswa kelas XII. Data-Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media dan instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi didapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji
kelayakan pada ahli media juga mendapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81-100% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media, pengembang menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan derajat pembagi (df) = (๐1 + ๐2) - 2. Maka didapat df = (30 + 30) โ 2 = 58. Dalam tabel uji-t df 58. Dalam tabel uji-t df 58 didapatkan ๐ก๐ก๐๐๐๐ 2,66. Ternyata ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ lebih besar dari ๐ก๐ก๐๐๐๐ atau ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ 8,195 > ๐ก๐ก๐๐๐๐ 2,66 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau terbukti bahwa pengembangan media Modul Pembelajaran Mata Pelajaran sosiologi siswa kelas XII Ips 1 SMA Antartika Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : modul, perubahan sosial, mata pelajaran bahasa sosiologi.
The purpose of this study is to produce a media module that is appropriate to the needs and has fulfilled the feasibility test and effectiveness test. The type of research used is research and development using the borg and gall development model which includes several stages where the stages are sequentially begun by exploring potential problems, collecting data, designing products, product validation, revising the product after it is implemented and testing student learning outcomes . Product testing is carried out at the Antarctic High School in Sidoarjo in class XII students. The research data obtained using interview instruments and questionnaires were used to determine the feasibility of the media and test instruments used to
determine the effectiveness of the media. Based on the results of data analysis, the results of the module media feasibility test on material experts found results included in the excellent category. The results of the feasibility test on media experts also get the results included in the excellent category. For results of individual trials, small groups and large groups are included in the excellent category where the results obtained are in the percentage between 81-100% (very good). It can be concluded that media modules are declared feasible to be used in the learning process. Whereas to find out the effectiveness of the media, the developer uses the t-test with a significant level of 5% and the degree of divider (df) = (N_ (1) + N_2) - 2. Then it gets df = (30 + 30) - 2 = 58 t-test df 58. In the t-test table df 58 is obtained t table 2.66. It turns out that t-count is greater than t table or t_count 8,195> t table 2.66 so Ho is rejected and Ha is accepted or proven that the development of Learning Module Sociology Subjects of class XII Ips 1 Sidoarjo High School can improve student learning outcomes.
Keywords: modules, social change, sociology language subjects.