ABSTRAK
Oke Pradyanti, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd, dan 2) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Kata-kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Investigasi Kelompok, kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Kooperatif tipe Investigasi Kelompok yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran mengadaptasi model 4-D dilanjutkan tahap implementasi di kelas dengan subjek penelitian sebanyak 38 siswa, menggunakan rancangan uji coba One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data penelitian adalah sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran adalah valid ditinjau dari: (a) Hasil validitas perangkat berkategori sangat valid, (b) keterbacaan Handout dan LKS dalam kategori mudah; (2) Perangkat pembelajaran adalah efektif ditinjau dari: (a) Respon siswa berkategori sangat kuat, (b) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat dengan kategori tinggi; (3) Perangkat pembelajaran adalah praktis ditinjau dari: (a) Keterlaksanaan RPP sangat baik, (b) Aktivitas siswa berkategori aktif, (c) Kendala-kendala selama proses pembelajaran dapat diatasi dengan baik. Simpulan penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran model Kooperatif tipe Investigasi Kelompok yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP.
ABSTRACT
Oke Pradyanti, 2019. The Development of Science Learning Materials base on Cooperative Learning Model Group Investigation Type to Improve High Order Thinking Skills of Junior High School Students. Thesis of Science Education Program, Graduate Program, State University of Surabaya. Advisor: 1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd, dan 2) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Key words: Learning Materials, Group Investigation, High Order Thinking Skills.
The purposes of this research to produce learning materials by using Cooperative Learning Model Group Investigation Type that valid, effective, and practical to improve high order thinking skills of junior high school students. The study was conducted in two phases, the development stage of learning materials adapted to the 4-D model and the classroom implementation stage with 38 students by using the one-group pretest-posttest design. Data analysis result are: (1) Validity of learning materials based on: (a) Validation of the materials have very good category, (b) Readability of handout and worksheet are easy for students to understand; (2) Efectiveness of learning materials based on: (a) The response of students are very strong, (b) High order thinking skills of students improvment with high category of N-Gain; (3) The practical of learning materials based on: (a) Feasibility of instructions have very good category, (b) Students activities have active category, (c) Constraint of learning can be overcome. The conclusion of this research that development of learning materials by using Cooperative Learning Model Group Investigation Type are eligible to improve high order thinking skills of junior high school students.