Jane’s Thoughts on Education as Gender Equality in Charlotte Bronte’s Jane Eyre
Abstrak
Studi ini menganalisis pemikiranJane tentang pendidikan sebagai sarana untuk mencapai kesetaraan genderyang dianggap mencerminkan karakter Jane Eyre dalam Jane Eyre oleh Charlotte Bronte. Pendidikan sebagai kesetaraan gender berarti perempuan memiliki hak untuk pendidikan atau partisipasi yang setara untk kedua gender.Kesetaraan hak asasi manusia berarti perempuan dan laki-laki memiliki dan menikmati kesempatan status dan kesempatan yang sama. Dengan ini kesetaraan gender akan mewujudkan potensi mereka agar bisa berkontribusi di setiap sendi kehidupan seperti politi, ekonomi, sosial dan budaya serta mendapatlan manfaat dari hasilnya. Penelitian ini menyangkut analisis karakter Jane Eyre dan aktingnya sebagai wanita berpendidikan. Bronte menggambarkan karakter sebagai wanita muda yang cerdas, mandiri, dan cakap yang memiliki visi kejam yang kuat kepada dunia yang diukur oleh pendidikan untuk mencari kesetaraan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pemikiran terhdap pendidikan sebagai sarana mencapai kesetaraan gender yang mana kesetaraan laki-laki dan perempuan yang dianggap mencerminkan karakter Jane Eyre.Analisis kedua bertumpu pada orientasi dampak pendidikan yang diterima Jane Eyre untuk mencapai kesetaraan pada perjalanan hidupnya. Penelitian ini menggunakan teori feminisme liberal dan Feminisme Gelombang Pertama sebagai payungnya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data serta interpretasi kritis untuk hasil akhirnya. Kesimpulan dari itu semua, Jane Eyre dianggap mencerminkan paham feminisme liberal yang mana pendidikan sebagai kesetaraan gender dalam tindakan dan pemikirannya.Dampak pendidikan sebagai kesetaraan gender adalah melalui pendidikan Jane menjadi transformasi yang lebih baik yang mengubah pikirannya untuk menjadi perempuan yang terdidik dan teberdaya.
Kata kunci: feminisme liberal, feminisme gelombang pertama, pendidikan, kesetaraan pendidikan, wanita, era victoria
Abstract
This study analyzes Jane’s thoughts on education as gender equality which is considered to be reflection of Jane Eyre's character in Charlotte Bronte’s Jane Eyre. Education as gender equality means a woman has the right to education or equal participation for both genders. As well as gender equality means when women and men enjoy the same status and have the same opportunity to realize human rights and their potential to contribute to political, economic, social, and cultural development, and to benefit from the results. This study concerns the analysis of Jane Eyre's character and her actions as an educated woman. Bronte describes the character as an intelligent, independent, and capable young woman that has a strong ambitious vision to the world measured by education to seek about gender equality. This study aims to reveal education as gender equality that be considered to reflect Jane Eyre’s role. This study uses an objective method to analyze Jane’s thoughts on education as gender equality depicted in Jane Eyre’s character. After that, the objective method also uses finding education that reflection of liberal feminism thoughts as the impact on Jane Eyre's life journey. This study uses the theory of liberal feminism and First Wave Feminism as the umbrella. The method uses qualitative methods and uses interpret critical in analyzing the problem. Thus, the final result is Jane Eyre is considered to reflect a woman's liberal feminism thought which education as the way to get equality in her act and mind. The impact of her thought toward education is through the education of Jane into a better transformation that changes her mind to be an educated and empowered woman.
Keywords:liberal feminism, first-wave feminism, education, woman, equality, Victorian era