PENGARUH PERMAINAN KAKUMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI
THE EFFECT OF KAKUMA GAMES ON CRITICAL THINKING ABILITY IN EARLY CHILDREN
Kemampuan kognitif dan berpikir kritis anak sangat penting untuk distimulasi dan dikembangkan dengan metode yang tepat. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun melalui permainan KAKUMA dengan bantuan media yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 12 anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 22 for windows. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T Test. Jika nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) < dari 0,05 maka hipotesis atau Ha diterima dan Ho ditolak. Sebaliknya jika nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) > dari 0,05 maka hipotesis atau Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anak belajar melalui trial and error agar mampu mencapai tingkat perkembangan yang lebih baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,054 < 0,05, jika dibulatkan maka hasilnya menjadi 0,060 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Paired Sample T Test dapat disimpulkan bahwa permainan KAKUMA tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Pepelegi.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan Berpikir Kritis, Permainan KAKUMA
Children's cognitive and critical thinking abilities are very important to be stimulated and developed with the right method. The goal to be achieved in this research is to develop the critical thinking skills of children aged 5-6 years through the KAKUMA game with the help of media that is easily available in the surrounding environment. This study used a quantitative research approach with the type of Quasi Experimental Design with a Nonequivalent control group design. The research subjects were 12 children in the experimental class and control class. Data collection techniques using observation and documentation. This study uses the Alpha Cronbach formula with the help of SPSS 22 for windows. Data analysis technique using Paired Sample T Test. If the significance value or Sig (2-tailed) < 0.05 then the hypothesis or Ha is accepted and Ho is rejected. Conversely, if the significance value or Sig (2-tailed) > 0.05 then the hypothesis or Ha is rejected and Ho is accepted. The results of the research show that children learn through trial and error in order to be able to achieve a better level of development. Based on the results of the hypothesis testing, it shows that the Sig (2-tailed) value is 0.054 <0.05, if it is rounded up, the result is 0.060, according to the decision-making basis for the Paired Sample T Test, it can be concluded that the KAKUMA game has no effect on the critical thinking skills of Group B children in TK Dharma Wanita Persatuan Pepelegi..
Keywords : Early Childhood, Critical Thinking Skiils, KAKUMA Game