Saat ini, pendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum 2013. Menurut Permendikbud nomor 23 tahun 2016, pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah proses interaksi antar peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang mengoptimalkan interaksi siswa selama proses pembelajaran adalah pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan gambaran interaksi siswa materi siswa dan interaksi siswa materi guru dalam setiap langkah pembelajaran matematika realistik pada materi perbandingan. Subjek pengamatan interaksi siswa dengan siswa adalah siswa dalam satu kelompok yang terdiri dari satu orang siswa berkemampuan matematika tinggi, satu orang siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu orang siswa berkemampuan matematika rendah. Sedangkan subjek pengamatan interaksi siswa dengan guru adalah guru dan semua siswa kelas VII-B sebanyak 21 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi (lembar observasi, video recorder, dan rekaman suara). Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data tentang interaksi siswa selama pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada materi perbandingan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)interaksi siswa-materi-siswa terjadi pada setiap langkah pembelajaran matematika realistik pada materi perbandingan sebagai berikut: a)saat memahami masalah, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan diskusi mengenai masalah yang disajikan, b)saat menyelesaikan masalah, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan diskusi mengenai ide, model, prosedur, dan penyelesaian masalah, c)saat membandingkan dan mendiskusikan jawaban, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan negosiasi solusi yang didapatkan ketika terjadi perbedaan pendapat, d)saat menyimpulkan, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan diskusi mengenai kesimpulan ciri perbandingan senilai dan berbalik nilai. 2)interaksi siswa-materi-guru terjadi pada setiap langkah pembelajaran matematika realistik pada materi perbandingan sebagai berikut: a)saat memahami masalah, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan diskusi mengenai masalah yang disajikan dalam diskusi kelompok, b)saat menyelesaikan masalah, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan diskusi mengenai model, prosedur, dan penyelesaian masalah dalam diskusi kelompok, c)saat membandingkan dan mendiskusikan jawaban, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan negosiasi solusi yang didapatkan ketika terjadi perbedaan pendapat dalam diskusi kelompok dan diskusi kelas, d)saat menyimpulkan, terjadi interaksi meminta bantuan, memberi bantuan, dan diskusi mengenai kesimpulan ciri perbandingan senilai dan berbalik nilai dalam diskusi kelas. Hasil penelitian tersebut bermanfaat untuk menunjukkan gambaran interaksi siswa dengan siswa dan guru selama pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada materi perbandingan sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan guru untuk merancang pembelajaran yang memfasilitasi interaksi siswa.
Currently, education in Indonesia uses the 2013 curriculum. According to Permendikbud no. 23 of 2016, learning process in the 2013 curriculum focused on interaction between students and educators and learning resources in a learning environment. One approach in mathematics learning that uses student interaction during the learning process is realistic mathematics educational approach.
This research is qualitative-descriptive research with aims to describe the student interactions with their friends and the student interactions with their teacher during mathematics learning using realistic mathematics educational approach on the material of proportion. The subject of student interactions with their friends is a group that consisted of a high-achieving-student, a middle-achieving-student, and a low-achieving student. While, the subject of student interactions with their teacher is a teacher and all of the 21 students of class VII-B. The data are gathered by using observation (observation paper, video recorder, and sound recorder). The observation method is used to gather data about student interactions during mathematics learning with realistic mathematics educational approach on the material of proportion.
The result of this research showed that: 1) student-material-student interactions occur at each step of realistic mathematics education on the material of proportion as follows: a)when understanding problem occurs the interaction asking for help, helping, and discussion about the problem, b) when solving problem occurs the interaction asking for help, helping, and discussion of ideas, models, procedures, and problem solving, c)when comparing and discussing answers occur interactions asking for help, helping, and negotiation solutions when there is a difference of opinion, d)when drawing conclusion occurs the interaction asking for help, helping, and discussion of conclusions about characteristics of direct and inverse proportion. 2) student-material-teacher interactions occur at each step of realistic mathematics education on the material of proportion as follows: a) when understanding the problem occurs the interaction asking for help, helping, and discussion about the problem in group discussions, b)when solving problem occur interactions asking for help, helping, and discussion of models, procedures, and problem solving in group discussions, c)when comparing and discussing answers occurs interactions asking for help, helping, and negotiation solutions when there is a difference of opinion in group discussions and discussions class, d) when drawing conclusion occurs the interaction asking for help, helping, and discussion of conclusions about characteristics of direct and inverse proportion in class discussion. The result of this research are useful to show an overview of student interactions during mathematics learning using realistic mathematics educational approach on the material of proportion so that can be used as a teacher’s consideration to design learning that facilitates student interaction.
Keywords: student interactions, realistic mathematics education approach, direct proportion, inverse proportion