PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU MOTORIK HALUS UNTUK ANAK
DEVELOPMENT OF FINE MOTOR POCKET MEDIA FOR CHILDREN
Penelitian pengembangan media Buku Saku Motorik Halus ini memiliki tujuan yaitu, untuk mengetahui hasil pengembangan buku saku dan untuk mendapatkan efektifitas buku saku motorik halus dari pengguna (Guru dan Orang Tua). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D atau (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Survei. Sasaran dalam penelitian ini yaitu 50 orang tua dan 50 Guru TK/RA di Kota Surabaya yang memiliki anak usia 4-5 tahun. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner yang dilakukan secara online melalui google form, dan teknik dokumentasi yang berupa desain produk sebelum dan setelah direvisi. Hasil dari penelitian ini adalah media Buku Saku Motorik Halus. Dari hasil survei dan feedback guru dan orang tua menunjukkan bahwa buku saku motorik halus yang dikembangkan terbukti sangat valid. hal ini ditunjukkan melalui materi ataupun media yang ada pada buku saku, tingkat jelasan pada gambar/teks 3,07, tingkat kesesuaian letak memliki nilai mean 3,28, tingkat kualitas buku memiliki nilai 3,15 yang artinya 51-75 tanggapan guru dan orang tua sangat efektif. Selanjutnya pada kemenarikan serta kesesuaian letak 3.28 dan tingkat ketepatan memiliki nilai mean 3.35 dimana nilai tersebut mendekati skor 4, yang artinya 76-100 berarti efektif. Hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik sehingga layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran disekolah ataupun dirumah. Hasil penelitian buku saku motorik halus ini memberikan implikasi pada perkembangan aspek motorik halus pada anak.
Kata Kunci : Buku Saku, Motorik Halus, Anak Usia Dini.
Research on the development of the Fine Motor Pocket Book media has a goal that is, to find out the results of the development of pocket books and to get the effectiveness of fine motor pocket books from users (Teachers and Parents). This research method uses the type of R&D or research and development with ADDIE development models. The trial design used in this study used the Survey method. The targets in this study are 50 parents and 50 kindergarten / RA teachers in Surabaya who have children aged 4-5 years. Data was obtained and collected using a questionnaire technique that was carried out online through Google forms, and documentation techniques in the form of product designs before and after revision. The results of this study are the Fine Motor Pocket Book media. The survey results and feedback from teachers and parents showed that the fine motor pocket book that was developed proved to be very valid. this is shown through the material or media in the pocket book, the level of explanation in the picture / text 3.07, the level of suitability of the location has a mean value of 3.28, the level of quality of the book has a value of 3.15 which means 51-75 responses of teachers and people old is very effective. Furthermore, the attractiveness and suitability of the location of 3.28 and the level of accuracy has a mean value of 3.35 where the value approaches a score of 4, which means 76-100 means effective. These results can be categorized very well so that it is feasible and effective to be used in learning at school or at home. The results of this fine motor pocket book research have implications on the development of fine motor aspects in children.
Keywords: Pocket Book, Fine Motor, Early Childhood.