Students’ Perception on the Use of Webtoon in Reading Activity
Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Sekolah Menengah Akhir (SMA) mengenai penggunaan Webtoon dalam aktivitas membaca mereka. Penelitian ini dilakukan di sebuah kelas 10 yang berada di SMA. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, berupa studi kasus. Data akan dianalisis melalui kuesioner terbuka dan wawancara beberapa anak di dalam kelas 10. Hasil dari kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa mereka menggunakan Webtoon selama mereka di waktu senggang, mereka juga merasa banyak belajar dan memberikan respon positif mengenai penggunaan Webtoon untuk kegiatan membaca. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa mengenai penggunaan Webtoon untuk kegiatan belajar mereka menunjukkan hal yang positif. Siswa bisa belajar di masa senggang mereka dengan membaca Webtoon dan mereka bisa belajar tidak hanya di sekolah.
This study aims to find out students’ perception on the role of the Webtoon in their reading activity. This current study takes place in a 10th-grade class in senior high school. This study uses qualitative research, especially case study. The data analyzed by giving open-ended questionnaire and interviewing some 10th-grade students in the class. The results of the questionnaire and interviews showed that students using Webtoon in their meantime, also they learn something and shows positive responses about the use of Webtoon in their reading activity. Based on the findings, it can be concluded that students’ perception on the use of Webtoon in their reading activity shows positive results. Students can study in the mean time by reading Webtoon and they can study outside of the school.