RANCANG BANGUN GAME EDUKASI ULAR TANGGA KEPRAMUKAAN BERBASIS ANDROID
DESIGN AND BUILD OF ANDROID-BASED SNAKE AND LADDER SCOUTING EDUCATIONAL GAMES
Pendidikan adalah mengarahkan nilai-nilai, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kepada generasi muda sebagai usaha generasi tua dalam menyiapkan fungsi hidup generasi selanjutnya, baik jasmani maupun rohani. Salah satu wadah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional adalah sekolah. Salah satu ekstrakurikuler yang sering diikuti oleh siswa serta menjadi ekstrakurikuler utama kebanyakan sekolah adalah Pramuka. Gerakan pramuka yang selama ini menempel pada pendidikan formal mulai dari SD hingga SMA terlihat terlalu menekan kepada pemahaman materi dan kurang menyenangkan, sehingga siswa merasa malas untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pramuka. Pramuka yang dilakukan di sekolah-sekolah saat ini, hanya menjadi sebuah formalitas. Diperlukan metode pembelajaran baru yang dapat menarik siswa untuk mempelajari pramuka lebih dalam dan mempermudah siswa untuk memahami materi kepramukaan lebih baik. Salah satu metode pembelajaran yang efektif adalah dengan permainan atau game. Sedangkan pembelajaran dengan game dan permainan melalui aplikasi yang khusus untuk permainan edukasi masih sangat jarang ditambah generasi muda saat ini sudah tergiur akan kemudahan dan kepraktisan segala sesuatu yang dilakukan tergantung pada teknologi. Ular tangga adalah permainan papan kuno India yang populer di Indonesia namun masih sedikit yang membuat permainan ular tangga yang digabung dengan unsur edukasi pada perangkat Android. Penelitian ini ditujukan untuk mengimplementasikan permainan ular tangga ke dalam game berbasis android yang dapat dijadikan alternatif media pembelajaran materi kepramukaan. Alur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menerapkan metode SDLC Waterfall dengan penambahan serta pengubahan di bagian akhir bagan berupa testing dan evaluasi yang ada pada metode ADDIE. Game ini dibangun menggunakan game engine Unity dengan command bahasa pemrograman C# (C Sharp). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Setelah game ini dibuat akan diujicobakan pada siswa pramuka tingkat Penegak dan Pandega menggunakan campuran tipe kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Berdasarkan hasil uji coba oleh responden aplikasi Game Ular Tangga Kepramukaan dapat berjalan sesuai fungsinya. Diperoleh responden sejumlah 64 orang dan nilai rata-rata kepuasan responden yang didapat 88,31% yang menunjukkan kepuasan dari game ini. Responden menganggap game ini layak untuk dimainkan.
Education is directing values, knowledge, experience and skills to the younger generation as an effort for the older generation in preparing the life functions of the next generation, both physically and spiritually. One of the extracurricular activities that are often followed by students and is the main extracurricular in most schools is Scouting. The scouting movement which has been attached to formal education from elementary to high school looks too pressing on understanding the material and is not fun, so students feel lazy to participate in scouting activities. Scouting is done in schools today, it's just a formality. Therefore, new learning methods are needed that can attract students to study scouting more deeply and make it easier for students to understand scouting material better. One of the learning methods that are considered effective is the game. Snakes and ladders is an ancient Indian board game that is popular in Indonesia but there are still few who make snakes and ladders games that are combined with educational elements on Android devices. Meanwhile, learning with games and games through special applications for educational games is still very rare, plus the current young generation is tempted by the convenience and practicality of everything that is done depending on technology. This research is intended to implement the game of snakes and ladders into an Android-based game that can be used as an alternative media for scouting learning materials. The research flow used in this study applies the SDLC waterfall method with additions and changes at the end of the chart in the form of testing and evaluation in the ADDIE method. This game is built using the Unity game engine with the command programming language C# (C Sharp). The data collection technique used was a questionnaire. After this game is made, it will be tested on scout students at the Penegak and Pandega level using a mixture of open and closed questionnaire types. Based on the results of trials by respondents, the Snake and Ladder Scouting Game application can run according to its function. The respondents obtained are 64 people and the average value of respondents' satisfaction obtained is 88.31% which shows satisfaction from this game. Respondents considered this game worth playing.