PENGEMBANGAN BUKU POP UP MATERI TOPENG JATIDUWUR JOMBANG UNTUK ANAK SD
THE DEVELOPMENT OF POP UP BOOK BASED ON TOPENG JATIDUWUR JOMBANG MATERIAL FOR PRIMARY SCHOOL
Pembelajaran di SD bersifat tematik. Dalam setiap tema terdapat muatan Seni Budaya, salah satuya mengenalkan budaya nusantara. Namun, dalam buku tersebut belum mengenalkan buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya di SD Jombang selama ini menggunakan daya lokal. Sehingga peneliti ingin mengembangkan buku Pop Up materi Topeng Jatiduwur Jombang. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) proses pengembangan produk, 2) kualitas produk, 3) kepraktisan buku gambar berbasis buku Pop Up materi Topeng JatiduwurJombang. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Proses pengembangan buku ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa angket dan instrumen lembar validasi ahli.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan buku gambar berbasis buku Pop Up Topeng Jatiduwur ini dianalisis berdasarkan fakta yang ada di lapangan yaitu di SD Negeri Jombatan 3Jombang. Tahap perancangan produk dimulai dari perancangan materi sampai dengan desain tampilan buku. Tahap pengembangan dilakukan melalui dua kali proses validasi dan satu kali uji coba. Kualitas buku gambar berbasis buku Pop Up dapat dikategorikan layak/sangat layak dilihat dari hasil persentase validasi materi yaitu 86,67% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi bahasa pada validasi I dan II 66,67% dan 82% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi kegrafikan pada validasi I dan II 76% dan 84% dengan kategori sangat layak. Kepraktisan buku gambar berbasis buku Pop Up Topeng JatiduwurJombang dilihat dari hasil respon siswa yang awal masih belum mengerti topeng sampai respon akhir menjawab ya/100% di angket respon siswa, sedangkan respon guru mendapat 98% kedua angket respon tersebut masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba maka dapat disimpulkan bahwa buku gambar berbasis buku Pop Up Topeng JatiduwurJombang ini tergolong sangat layak untuk siswa SD yang berusia 7-10 tahun di sekolah yang ada di kotaJombang.
Study in primary school is thematic. In each theme there is a content of Cultural Arts, one of which is introducing the culture of the archipelago. However, the book does not introduce textbooks used in learning Cultural Arts at primary school so far use local resources. So that the researchers wanted to develop the Pop Up book based on Topeng Jatiduwur Jombang theory. The specific purpose of this research is to describe (1) product development process (2) product quality (3) practically Pop Up book based on Topeng Jatiduwur Jombang theory. Belum. Development process for this book is using development ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data analysis is using interviews, observation, documentation technique. Data collection is questionnaire and validation sheet from the expert form.
The result showing that development of Pop Up book Topeng Jatiduwur Jombang is analysis form the fact is from the area SD Negeri Jombatan 3 Jombang. The step of product design is from arrangement theory until book cover design. The step of development is use twice validation process and once testing. The quality of Pop Up book can we categorized worthy/ very worthy, we can see from the percentage from validation theory 86,67% with very worthy category. From the result of language validation I and II 66,67% and 82% with very worth category. The result of graphic validation from validation I and II 76% and 84% with very worth category. With the practical Pop Up book Topeng Jatiduwur Jombang seen the response from student who don’t know about topeng from beginning answer 100%/say “yes” in questionnaire student response, and the teacher response is 98% is worthy and the both questionnaire respons is in very worthy response. With validation answer and test, and then the conclusion is Pop Up book Topeng Jatiduwur Jombang classified as very worthy for student in age 7-10 in the Jombang school.