HUBUNGAN ANTARA ARGUMENTASI ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMAN 19 SURABAYA
Abstrak
Argumentasi adalah proses penyusunan sebuah pernyataan yang disertai dengan bukti dan alasan yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan argumentasi ilmiah terhadap kemampuan berpikir kritis. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 di SMA Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan 100 subjek atau 3 kelas. Pertanyaan yang diberikan masuk dalam materi pemanasan global. Subjek penelitian akan diberikan 10 pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan yang bersifat literasi sains dan pertanyaan bersifat berpikir kritis. 10 pertanyaan tersebut harus dijawab dengan memberikan alasan yang logis untuk mendukung jawaban. Jawaban setiap peserta didik akan disesuaiakan dengan pedoman penilaian Toulmin's Pattern Argumentation yang telah diadaptasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa argumentasi ilmiah peserta didik berada pada tingkatan 2 dan berpikir kritis peserta didik berada pada level sedang. Rata - rata peserta didik memberikan claim dan bukti dengan baik. Pada uji korelasi pearson keterampilan argumentasi ilmiah terhadap kemampuan berpikir kritis memiliki hubungan yang sangat kuat. Mengetahui tingkatan kemampuan awal siswa dalam argumentasi yang terkait dengan berpikir kritis, maka dapat dipersiapkan model pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Argumentasi, berpikir kritis, dan pemanasan global
Abstract
Argumentation is a the process of preparing for a formal statement that is accompanied by evidence and logical reasons. This study aims to analyze the effect of scientific argumentation skills on critical thinking skills. The research subjects used were 11th-grade students in 19 Senior High School, Surabaya. This study used an experimental design with quantitative descriptive 100 subjects of three classes. The question given is included in the topic of global warming. The research subjects were given ten questions related to scientific literacy and critical thinking questions. These ten questions must imply answered by giving logical reasons to support their answers. Each student’s answers will be adjusted to the Toulmin’s Argumentation Pattern assessment guidelines that have been adapted. The results of this study indicated that students 'scientific argumentation in level 2 and student’s critical thinking in a moderate level. On average students provide good claims and evidence. In Pearson's correlation test, scientific argumentation skills on critical thinking skills have a great relationship. Knowing the level of student’s intial ability in the arguments related to critical thinking, it can be prepared learning models that can provide to supporting influence in learning activities.
Keywords: Argumentation, critical thinking, and global warming