PENERAPAN TEKNIK STIPEL PADA PEMBELAJARAN GAMBAR DEKORATIF SISWA KELAS III MI ROUDLOTUN NASIIN SINGOGALIH SIDOARJO
THE APPLICATION OF THE STIPEL TECHNIQUE IN LEARNING DECORATIVE IMAGES FOR GRADE III STUDENTS MI ROUDLOTUN NASIIN SINGOGALIH SIDOARJO
Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas III MI Roudlotun Nasiin Singogalih telah tergabung dalam Pelajaran Tematik. Peneliti memilih MI Roudllotun Nasiin Singogalih karena di MI tersebut, SBdP mendapat porsi pembelajaran yang kurang seimbang dengan mata pelajaran yang lain, dikarenakan guru kelas khususnya kelas III juga tidak memiliki latar belakang Pendidikan Seni Rupa. Selain itu, materi pembelajaran Seni Rupa juga terdapat pada Kompetensi Dasar SBdP kelas III MI Roudlotun Nasiin Singogalih dengan materi yang diajarkan yaitu pembelajaran gambar dekoratif. Maka dari itu, peneliti ingin menerapkan teknik stipel pada pembelajaran gambar dekoratif dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan teknik stipel pada pembelajaran gambar dekoratif siswa kelas III MI Roudlotun Nasiin Singogalih.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data utama pada penelitian ini adalah hasil observasi dan karya gambar dekoratif siswa kelas III MI Roudlotun Nasiin Singogalih dengan menggunakan teknik stipel. Data pendukung yang digunakan meliputi hasil wawancara dan dokumentasi. Proses pembelajaran menggambar dekoratif dengan menerapkan teknik stipel siswa kelas III MI Roudlotun Nasiin Singogalih Sidoarjo dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap persiapan, peneliti menghubungi pihak sekolah dengan tujuan memperoleh informasi mengenai sistem Kurikulum 2013 dan pembelajaran SBdP di kelas III dan mendapatkan izin penelitian pembelajaran tatap muka bersama siswa. Selain itu juga menyiapkan RPP, materi, media, dan alat bahan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, peneliti melakukan kunjungan langsung ke rumah masing-masing siswa kelas III untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran gambar dekoratif dengan teknik stipel. Pada tahap evaluasi, peneliti melakukan penilaian hasil belajar siswa yang meliputi tiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga aspek tersebut dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang terdapat pada RPP.
Hasil pembelajaran menggambar dekoratif dengan teknik stipel siswa kelas III berwujud 10 karya siswa. Dari 10 siswa kelas III, terdapat 7 siswa yang memperoleh nilai sangat baik dengan skor 96 (satu siswa), 93 (satu siswa), 92 (satu siswa) , dan 91 (empat siswa). Terdapat juga 3 siswa yang memperoleh nilai baik dengan skor 89 (dua siswa) dan 86 (satu siswa). Dari nilai akhir yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa siswa mampu mempraktikkan dan menyelesaikan karya gambar dekoratif menggunakan teknik stipel dengan baik.
Kata kunci : Gambar Dekoratif, Teknik Stipel, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya
Learning Cultural Arts and Crafts in class III MI Roudlotun Nasiin Singogalih have joined in Thematic Lessons. Researchers chose MI Roudllotun Nasiin Singogalih because in that MI, SBdP gets a portion of learning that is not balanced with other subjects, because class teachers, especially grade III also did not have a background in Fine Arts Education. In addition, the Fine Arts learning material is also found in the Basic Competencies of Class III SBdP MI Roudlotun Nasiin Singogalih with the material being taught, namely learning decorative pictures. Therefore, the researcher wanted to apply the stippling technique to learning decorative images with the aim of describing the process and results of applying the stippling technique to the learning of decorative pictures for the third grade students of MI Roudlotun Nasiin Singogalih.
This research uses descriptive qualitative research. The main data sources in this study were the observations and decorative drawings of the third grade students of MI Roudlotun Nasiin Singogalih using the stipel technique. The supporting data used includes the results of interviews and documentation. The learning process for decorative drawing by applying the stippling technique for grade III students at MI Roudlotun Nasiin Singogalih Sidoarjo was carried out in three stages, namely the preparation, implementation and evaluation stages of learning. In the preparation stage, the researcher contacted the school with the aim of obtaining information about the 2013 Curriculum system and SBdP learning in class III and obtaining face-to-face learning research permission with students. In addition, they also prepare lesson plans, materials, media, and learning material tools. At the implementation stage, the researcher made a direct visit to the homes of each grade III student to carry out decorative drawing learning activities using the stippling technique. At the evaluation stage, researchers assessed student learning outcomes which included three aspects, namely attitudes, knowledge, and skills. These three aspects are assessed using the assessment instruments contained in the RPP.
The results of learning decorative drawing using the stipel technique for grade III students are in the form of 10 student works Of the 10 grade III students, there were 7 students who got very good scores with a score of 96 (one student), 93 (one student), 92 (one student), and 91 (four students). There are also 3 students who get good grades with a score of 89 (two students) and 86 (one student). From the final scores that have been mentioned, it can be concluded that students are able to practice and complete decorative drawing works using the stippling technique well.
Keywords: Decorative Pictures, Stipel Techniques, Learning Cultural Arts and Crafts