PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI UNTUK SISWA SMP
THE USE OF ANIMATED CARTOON VIDEO IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstrak
Manusia menggunakan bahasa untuk berinteraksi dengan sesama. Baik kemajuan belajar dan pengajaran, peserta didik akan menghadapi hambatan yang menyelamatkan selama pelajaran. Terutama dalam teks deskripsi. Metode alternatif untuk membujuk peserta didik dalam teks deskriptif akan memiliki manfaat jika video kartun animasi diimplementasikan oleh guru di dalam kelas. Setting penelitian adalah di SMPN 4 Bojonegoro. Dalam sebuah penelitian ini telah menjawab kedua pertanyaan penelitian yang telah dimulai sebagai berikut: 1. Bagaimana pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan kartun animasi pada siswa SMP?. 2 Bagaimana pemahaman peserta didik terhadap kartun animasi selama pembelajaran ? pada sudut pandang ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyeknya adalah Delapan (8)-B. Ada instrumen saver yang digunakan dalam penelitian ini. Peneliti melakukan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan guru memberikan pekerjaan rumah dalam kasus yang berbeda, kasus tentang "donal bebek" "boboboy" dan Upin dan Ipin. Hasil akhirnya memuaskan. Selain itu, peserta didik tidak memiliki hambatan untuk mengidentifikasi struktur generik dan fitur kebahasaan teks deskriptif. Terakhir, guru harus menjelaskan kata kunci. Penggunaan kartun animasi yang umum digunakan telah berhasil. Dapat di ambil sebuah kesimpulan bahwa pengajaran kartun animasi untuk teks deskriptif dapat mendukung pemikiran pelajar untuk menulis teks deskriptif dengan jelas.
Abstract
Human being produced a language for interacting others. Both learning and teaching progress In language learning, learners sometimes have problems in writing paragraph, especially writing descriptive text. One of the solutions to improve students’ writing is by giving animated cartoon video. This research employs qualitative method with research subjects Junior High School Students in Bojonegoro. The purpose of the research is first to describe the use of animated cartoon video in teaching descriptive text. Second, to know to know the students’ responses toward the use of animated video in teaching descriptive text. The subject was Eight (8)-B . The research instruments used are classroom observation and interview. The researcher carried out in 2 meets up. Every meets up teacher gave the homework in different cases, the cases were about “donald duck” “boboboy” and Upin and Ipin. The result shows that the use of animated video such as Upin Ipin, Donald duck are effectively improve the students ability in writing descriptive text. Students are able to describe the characters from the animated video completely. Moreover, students are happy when animated videos are used as a media in teaching descriptive text. The used of animated cartoon that commonly spoken has succeeded. It might be concluded that the teaching animated cartoon for descriptive text could support learners’ thought to write descriptive text vividly.