GAMBARAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA MASA KANAK-KANAK MADYA DENGAN ORANG TUA YANG BERCERAI
SOCIAL-EMOTIONAL FEATURES OF MIDDLE CHILDHOOD WITH DIVORCED PARENTS
Masa anak-anak adalah masa dimana mereka membutuhkan sosok orang tua sebagai teladan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Selama berada pada masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, anak akan mengalami banyak perubahan dalam hal sosial-emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sosial-emosional pada masa kanak-kanak madya dengan orang tua yang bercerai. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara langsung kepada partisipan. Hasil menunjukkan bahwa gambaran pada anak dengan orang tua bercerai menunjukkan adanya penurunan dalam beberapa aspek sosial-emosional mereka, sementara pada beberapa aspek lainnya memiliki tingkat penyesuaian yang lebih baik. Gambaran penurunan aspek sosial-emosional yang terjadi pada anak diantaranya terkait emosi anak, pertemanan anak, adaptasi anak, komunikasi anak, dan manajemen waktu. Sedangkan penyesuaian aspek sosial-emosional yang lebih baik yang dilakukan anak adalah terkait hal pengungkapan kasih sayang, kepedulian lingkungan, menaati aturan, bekerjasama, dan tindakan menghibur diri. Hasil pemaparan juga menunjukkan bahwa orang tua memiliki peranan yang lebih besar sebagai single parent setelah terjadinya perceraian. Peran partisipan sebagai orang tua tunggal menunjukkan bahwa pengasuhan anak berbeda dibanding sebelumnya. Orang tua harus mengasuh anak sebagai single parent sehingga memiliki peran penuh sebagai pencari nafkah dan pengasuh anak.
Childhood is a time when they need parents as role models in their growth and development. During middle and late childhood, children will experience many changes in terms of social-emotional. The purpose of this study was to determine the social-emotional picture in middle childhood with divorced parents. This research method is qualitative with a case study approach. Data were collected using interview techniques conducted directly to participants. The results showed that children with divorced parents showed a decrease in some of their social-emotional aspects, while in some other aspects they had a better level of adjustment. The description of the decline in social-emotional aspects that occurred in children included children's emotions, children's friendships, children's adaptation, children's communication, and time management. Meanwhile, better social-emotional adjustments made by children are related to expressing affection, caring for the environment, obeying rules, cooperating, and entertaining themselves. The results also show that parents have a greater role as single parents after divorce. Participants' roles as single parents show that parenting is different than before. Parents must take care of children as single parents so that they have a full role as breadwinners and child caregivers.