Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan alat peraga force table sederhana. Kelayakan alat peraga force table sederhana dapat dinyatakan layak dapat dinilai dari nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifitas alat peraga force table sederhana. Prosedur penelitian ini menggunakan sebagian metode 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan (1974) yang meliputi Define (Pendefinisian) dan Design (Perencanaan). Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari validator dan peserta didik kelas X SMA Al-Azhar Menganti Gresik sebanyak 25 peserta didik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai validitas alat peraga force table sederhana pada materi penjumlahan vektor mendapatkan nilai validitas secara konseptual yaitu 88% dari 3 validator yang termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak untuk digunakan. Hasil angket respon peserta didik yaitu 86% yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga force table sederhana yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan secara konseptual untuk menunjang pembelajaran fisika pada materi penjumlahan vektor.
Kata kunci Alat Peraga, Force Table, Validitas, Respon Siswa
This study aims to analyze the feasibility of a simple force table prop. The feasibility of a simple force table prop can be declared feasible can be assessed from the value of validity, practicality, and effectiveness of a simple force table props. The procedure of this study uses part of the 4D method developed by S. Thiagarajan (1974) which includes Define (Designing) and Design (Planning). Sources of data from this study were obtained from validators and class X students of Al-Azhar Menganti Gresik High School as many as 25 students. Based on the analysis of the data obtained, the value of the validity of simple force table props on vector addition material obtains a conceptual validity value of 88% of three validators 1 which is included in the very good / very feasible category to be used. The results of the questionnaire responses of students were 86% which were included in the very positive. Thus it can be concluded that the simple force table props that are developed meet the conceptual eligibility requirements to support physics learning in vector addition material.
Keywords: Props, Force Table, Validity, Student Response