Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio yang valid, (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media berbasis Autoplay Media Studio dan (3) menganalisis hasil belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan berbasis Autoplay Media Studio pada mata pelajaran PSA kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Develpment/R&D). Pada penelitian pengembangan ini terdiri atas 7 tahapan yaitu: (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk, (5) tahap revisi produk, (6) tahap uji coba produk dan (7) tahap analisis dan pelaporan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain: lembar Validasi media, lembar angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan kategori sangat valid dari segi validitas media, yaitu dengan rata-rata hasil rating sebesar 88,68%. Sementara untuk respon siswa menunjukkan kategori sangat mudah digunakan, sangat jelas, dan sangat bermanfaat dengan rata-rata hasil rating sebesar 87%. Dan untuk keefektifan media dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang dinyatakan baik dengan porsentase sebesar 82,85% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,3 berada diatas KKM yang telah ditetapkan di SMK Negeri 2 Surabaya yaitu 75 untuk mata pelajaran produktif. Hal tersebut menujukkan bahwa media yang dikembangkan valid, dan mendapatkan respon yang positif dari para siswa serta efektif digunakan sebagai media penunjang belajar siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio
This research aims to (1) produce a valid instructional media based Autoplay Media Studio, (2) determine students' response to the instructional media based Autoplay Media Studio and (3) analyzing the results of student learning to use learning media by using based Autoplay Media Studio on the subjects of class X PSA TAV at SMK N 2 Surabaya. This type of research is the Research and Develpment ( R& D). In this research consists of seven stages: (1) potential and problems, (2) the data collection, (3) the product design, (4) the validation of products, (5) the product revision, (6) product trials and (7) analysis and reporting. The instrument used in this study include: Validation of media sheets, sheet student questionnaire responses and test student learning outcomes. These research and development results indicate the category of very valid in terms of the validity of the media, with an average rating of results 88.68%. As for the category of student responses indicate a very easy to use, very clear, and very helpful with an average rating of 87% results. And for the effectiveness of media views of mastery learning students who expressed both by percentage amounted to 82.85% with an average grade of 87.3 is above the KKM has been set at SMK Negeri 2 Surabaya, 75 subjects productive. It shows that the media developed valid, and get a positive response from students and effectively used as a media that supporting student learning.
Keywords: Media Education , Autoplay Media Studio