Etika merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di Indonesia, seperti dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 29 Surabaya diperoleh informasi dari Guru BK bahwa siswa kelas VIII paling banyak mengalami masalah pada bidang pribadi, khususnya kurangnya etika yang baik di sekolah serta dilakukan pengambilan angket kepada siswa kelas VIII untuk menunjang hasil permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan pengembangan berupa produk yaitu tentang media booklet etika di sekolah. Diharapkan booklet dapat bermanfaat untuk siswa disamping itu diharapkan booklet ini juga bermanfaat bagi guru BK untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling untuk siswa melalui layanan informasi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh tim Puslitjaknov. Tujuan dari penelitian pengmbangan ini adalah menyusun sebuah booklet sebagai media cetak yang memenuhi kriteria akseptabilitas terdiri atas aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Adapun rata-rata dari hasil analisis data sacara kuantitatif berdasarkan penilaian dari uji ahli materi mendapatkan nilai 84,21% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, dari uji ahli media mendapatkan nilai 84,7% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, dari ahli pengguna (konselor) mendapatakan nilai 86,8% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, serta ahli pengguna (siswa) mendapatkan nilai 88,75% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”. Berdasarkan hasil penilaian secara kuantitatif tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa booklet etika di sekolah dapat digunakan sebagai pelayanan guru BK saat memberikan layanan informasi bagi siswa kelas VIII yang telah memenuhi kriteria akseptabilitas dan layak untuk digunakan di sekolah menengah pertama.
Kata Kunci : Pengembangan, Booklet, Etika di Sekolah, Layanan Informasi.
Ethics is one of the problems that occur in Indonesia, such as from the results of a preliminary study conducted at SMPN 29 Surabaya obtained information from the counselor student in grade VIII experience the most problems in the private sector, especially the lacle of good in school and questionnaire taking to VIII grade students to support the results of the problem. Based on these problems, the researcher develop products in the form of media ethics booklet at school. It is expected that booklet can be useful for students also, it is expected it is expected that this booklet will be useful for counselor to provide guidance and counseling service for students through information service.
This research is a type of development research with the development model of Borg and Gall which has been simplified by the Puslitjaknov's team. The purpose of this development research is to compile a booklet as a print media that meets acceptability criteria consisting of aspects of usability, feasibility, accuracy, and propriety. The average of the results of the quantitative data analysis based on the assessment of the material expert test gets a value of 84.21% with the category "very good, does not need to be revised", from the test media experts get a value of 84.7% with the category "very good, no need to be revised ", from expert users (counselors) get 86.8% with the category "very good, do not need to be revised ", and expert users (students) get a value of 88.75% with the category" very good, do not need to be revised". Based on the results of the quantitative assessment, it can be concluded that the ethics booklet in the school can use by as a counselor service when providing information service for VIII students who have met acceptability criteria and are eligible for use in junior high school.
Keywords: Development, Booklet, Ethics in School, Information Service.