PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS PESERTA DIDIK (LAPD) UNTUK MELATIHKAN MASING-MASING KARAKTERISTIK KREATIVITAS PADA MATERI REAKSI REDOKS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
Development of Student Activity Sheets (SAS) to Practice Each Creativity Characteristics on Redox Reaction with Project Based Learning (PjBL) Model
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari lembar aktivitas peserta didik (LAPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) sebagai media pembelajaran pada materi reaksi redoks. Kelayakan LAPD ini ditinjau berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (research and development). Desain uji coba produk menggunakan one-group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan dengan total 29 peserta didik kelas XI. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LAPD, lembar angket respons peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar soal tes kreativitas, dan lembar soal tes hasil belajar. LAPD yang dikembangkan dinyatakan: (1) valid karena mendapatkan skor modus 4, (2) praktis karena mendapatkan hasil angket respons peserta didik sebesar 97,6%, hasil observasi aktivitas peserta didik dan observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mendapatkan skor modus 5, (3) efektif untuk melatihkan kreativitas peserta didik karena mendapatkan p-value 0,000 dari hasil uji-t sampel berpasangan yang menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Efektivitas LAPD yang dikembangkan juga didukung oleh hasil tes hasil belajar yang mendapatkan p-value 0,000 dari hasil uji-t sampel berpasangan yang juga menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan begitu, LAPD berbasis PjBL pada materi reaksi redoks layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
This study aims to determine the feasibility of a Project Based Learning (PjBL) based learner activity sheet (LAPD) as a learning media on redox reaction material. The feasibility of this LAPD is reviewed based on validity, practicality, and effectiveness. The research method used is the research and development model. The product trial design used a one-group pretest posttest. This research was conducted with a total of 29 students in class XI. The research instruments used in this study were LAPD validation sheet, learner response questionnaire sheet, learner activity observation sheet, learning implementation observation sheet, creativity test question sheet, and learning outcome test question sheet. The LAPD developed was declared: (1) valid because it gets a mode score of 4, (2) practical because it gets the results of the student response questionnaire of 97.6%, the results of the observation of student activity and the observation of learning implementation which gets a mode score of 5, (3) effective for training students' creativity because it gets a p-value of 0.000 from the results of the paired sample t-test which shows that the posttest value is higher than the pretest value and there is a significant difference between the pretest and posttest values. The effectiveness of the developed LAPD is also supported by the results of the learning outcomes test which get a p-value of 0.000 from the paired sample t-test results which also show that the posttest value is higher than the pretest value and there is a significant difference between the pretest and posttest values. For this reason, PjBL-based LAPD on redox reaction material is suitable for use as a learning medium.