ABSTRAK
Panggabean,
Christina I.T .
2018. Strategi Metakognitif Mahasiswa
Bahasa Inggris dan Refleksi terhadap
Performa Mereka dalam Menulis Proposal Penelitian (Sebuah studi kasus mahasiswa
perguruan tinggi ). Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra,
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Dr. Suharsono,
M.Phil., Ph.D., dan Co-Promotor: Dr. Oikurema Purwati, M.Appl.
Kata Kunci : strategi
metacognitif, refleksi, performa, menulis, proposal penelitian
Penelitian
ini bertujuan mendeskripsikan strategi metakognitif strategi dan refleksi mahasiswa
dalam menulis proposal penelitian di satu perguruan tinggi di Tuban Jawa Timur.
Pada intinya penelitian ini bertujuan mengindentifikasi dan mendeskripsikan
strategi metakognitif centering , arranging and planning , dan evaluating
dalam proses menulis proposal penelitian. Penelitian ini juga mendeskripsikan
refleksi diri mahasiswa terhadap performa mereka dalam menulis proposal
penelitian.
Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif
studi kasus dan berbentuk penelitian naratif inkuiri. Subjek penelitian
ini melibatkan sepuluh mahasiswa semester tujuh program pendidikan Bahasa
Inggris. Mereka dipilih sebagai subjek penelitian berdasarkan beberapa
kriteria. Mereka dikategorikan sebagai mahasiswa berkemampuan akademik menengah
dan tinggi berdasarkan indek prestasi kumulatif dan nilai mata kuliah menulis
mereka. Sebagian besar mahasiswa ini termasuk mahasiswa yang aktif di kelasnya seperti bertanya dan merespon
pertanyaan dosen, menghadiri perkuliahan
kelas Seminar paling sedikit 75% dan mengerjakan penulisan diari berkenaan
dengan proses penulisan proposal penelitian mereka. Sumber data diperoleh dari dokumen
diari mahasiswa, proposal penelitiannya, dan transkrip hasil wawancara peneliti
kepada mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif dengan menyusun
data setiap subjek, meninjau dan mengeksplorasi data, memberi kode dan menyusun
data sesuai kategori, mengkonstruksi deskripsi setiap kategori sesuai tujuan
penelitian, melaporkan dan menginterpretasi data.
Berdasarkan
hasil data analisis, mahasiswa menggunakan berbagai jenis strategi metakognitif
dalam proses menulis proposal penelitian mereka. Penelitian ini menunjukkan
mahasiswa menggunakan strategi metakognitif yang pertama yaitu: Centering ,
dengan cara memberi perhatian pada kelas Seminar yang sedang diikutinya dan
meninjau dan menghubungkan dengan materi yang pernah diketahuinya. Aktivitas
yang dilakukan mahasiswa dalam menerapkan strategi metakognitif jenis ini
adalah memperhatikan penjelasan dosen, sumber-sumber bacaan, bagian dari
proposal penelitian, topik tertentu, kontribusi penelitian, masukan-masukan
dosen, istilah-istilah tertentu pada topik yang dipilih, dan menghubungkan
pemahaman mereka dengan mata kuliah-mata kuliah yang pernah ditempuh dan pada
pengalaman pribadi. Strategi metakognitif
kedua yang digunakan mahasiswa adalah: Arranging dan planning .
Strategi ini mencakup mengidentifikasi tujuan tugas, merencanakan tugas,
menetapkan tujuan/sasaran, dan mengorganisasi. Mahasiswa menerapkan strategi
mengidentifikasi tujuan dalam memilih topik atau judul berdasarkan pentingnya
topik yang dipilih bagi pembaca atau untuk dirinya. Selanjutnya strategi merencanakan tugas dengan pertama-tama menentukan topik apa yang
akan diteliti dengan mempertimbangkan rasa tertarik, kemudahan, dan pengalaman
pribadi. Selanjutnya mahasiswa
menerapkan identifikasi persyaratan tugas, menggunakan sumber-sumber yang
dimiliki, menggunakan bantuan lain dengan mencari lagi sumber bantuan informasi
dari membaca, mengkonfirmasi ke dosen
atau teman. Strategi berikutnya dari Arranging and planning adalah menetapkan
tujuan/sasaran. Mahasiswa menetapkan tujuan untuk menuliskan proposal yang baik
dan untuk mempersiapkan diri untuk membuat skripsi. Dan strategi metakognitif arranging dan planning yang terakhir adalah mengorganisasi. Strategi ini
diterapkan mahasiswa dengan merencanakan waktu untuk mengumpulkan sumber bacaan,
untuk menulis, untuk konsultasi, dan membuat catatan dan menyimpan file.
Strategi metakognitif ketiga yang diterapkan mahasiswa adalah: Evaluating
yang terdiri dari strategi monitoring dan evaluating . Mereka memonitor proses
penulisan dan memonitor performa menulis proposal penelitian dengan berbagai
cara. Dalam proses monitoring, mahasiswa memeriksa apa yang ditulis selama
proses menulis dengan membaca ulang, mengidentifikasi masalah, kesulitan atau
kesalahan dan selanjutnya melakukan revisi dengan mengubah, mengganti atau
menambah informasi sebagian atau keseluruhan. Meskipun telah melakukan proses
revisi, dari dokumen proposal penelitian
yang ditulis mahasiswa, beberapa
kesalahan masih ada dan tidak direvisi. Mahasiswa juga melakukan evaluasi
performa mereka dalam menulis proposal penelitian setelah mereka selesai
menulis. Mereka memberikan evaluasi
positif atau negatif atas tulisan proposal penelitiannya atau tentang kemampuan
menulisnya. Meskipun masih ada masalah dan kekurangan pada hasil tulisan
proposal mahasiswa seperti dalam menulis latar belakang dan menulis beberapa bagian dari metodologi penelitian,
di dalam refleksi akhir mereka menyatakan bahwa mereka telah menulis proposal
penelitian dengan lebih baik. Kesimpulan penelitian ini para mahasiswa dalam
penelitian ini telah menerapkan strategi metakognitif. Beberapa mahasiswa telah
menggunakan strategi metakognitif lebih
efektif dibandingkan mahasiswa lainnya dalam proses menulis proposal penelitian
mereka. Mahasiswa yang menerapkan strategi metakognitif yang lebih efektif telah
menulis proposal penelitian mereka dengan lebih baik dibandingkan empat
mahasiswa lainnya. Dalam hal ini proposal penelitian mereka telah memiliki
unsur-unsur proposal penelitian yang lebih lengkap.
ABSTRACT
Panggabean,
Christina I.T .
2018. EFL Students Metacognitive
Strategies and Reflection on Their Performance in Writing a Research Proposal (a
case study among university students ). Dissertation. Faculty of Literature
and Language Education Program, Post Graduate of Surabaya State University.
Promoter: Dr. Suharsono, M.Phil., Ph.D., and Co-Promoter: Dr. Oikurema Purwati,
M.Appl.
Key Words : metacognitive strategies, reflection,
performance, writing, research proposal
The
present study investigates EFL students metacognitive strategies and reflection
on their performance in writing a research proposal at one private university
in Tuban East Java. To be specific this study is aimed at identifying and
describing the students metacognitive strategies of Centering, Arranging and
Planning, and Evaluating in the process of writing a research proposal. It also
describes the students self-reflection on their performance in writing a
research proposal.
This
is a qualitative case study. The subjects of the study involved 10 students
from the seventh semester of English Language Education Program. They were taken
based on some criteria. They were categorized as medium to high proficient
students based on their GPA and Writing grades. Most of them were considered as
attentive and quite active students in the class, attended Seminar Class for at
least 75%, and wrote their diaries related to the writing process of their
research proposal. To collect the data, the documents of the students written
diaries to identify their metacognitive writing strategies and reflection,
their research proposals to identify their writing performance, and interview
to confirm the data in the diaries were applied. The data obtained were
analyzed inductively by organizing the data from each subject, reviewing and
exploring, coding and categorizing the data into its theme, constructing description
of each subject based on the objectives of the study, building themes to
connect any relations of the findings, reporting and interpreting the data
descriptively.
The
result indicates that the students applied various types of metacognitive
strategies in the process of writing a research proposal. The study showed that
the students applied metacognitive strategy of centering by paying attention on
the subject and previewing and linking with previous materials. The activities
done in applying the strategies were paying attention to the lecturer s explanation,
to reading resources, to some parts of a
research proposal, to a certain topic, to research contribution, to the lecturer s comments, and to certain terms
used in the topic, and connecting their
understanding with related previous subjects and experiences. The students also
applied metacognitive strategy of arranging and planning. The strategy comprises of identifying the
purpose of the task, planning for the task, setting objective/goal, and
organizing. Firstly, the students applied identifying the purpose of choosing a
certain topic/title related to its significance. Secondly, the students applied
planning strategy by determining what to write first by considering their
interest, ease, and individual experience, identifying the requirements of the
task, making use own resources, using further aids such as further reading and
seeking confirmation or help from friends or the lecturer. Thirdly, in applying
setting objective/ goals, the students determined to write a good proposal and
to prepare for the task of writing skripsi . Fourthly, in applying organizing
strategy, the students applied time organizing for collecting reading
resources, writing, and consulting, and keeping files and notes. The other
metacognitive strategy employed is metacognitive strategy of evaluating. The
students reported they monitored and evaluated their progress and performance
in various ways. In monitoring process, the students checked what they wrote by
rereading, identifying difficulty, problems, or errors. When they faced
problems or found errors, they would do revision by deleting, changing, or
adding. They revised parts of the research proposal by changing or adding
partly or wholly. However, from the documents of their research proposals, some
errors were not corrected despite the written feedback that had been noted in
their research proposal. The students also evaluated their performance after
they had finished writing. They evaluated either positively or negatively about
their work and ability. Nevertheless, in their final reflection, the students
stated that they had written better proposal. However, they still had some
problems such as writing the background and writing the research method. It can
be concluded in some extent, all types of metacognitive strategies were
employed by the students. Some students used more and the other used less
metacognitive strategies in the process of writing their research proposal.
Some students had applied metacognitive strategies in the process of writing
their research proposals more effectively than the other students. The more
effective use of metacognitive strategies in the process of writing their
research proposal had made them produce better research proposal.