JOB SHEET IMPLEMENTATION EVALUATION IN VOCATIONAL SCHOOL LEARNING
Job sheet merupakan salah satu jenis bahan ajar cetak yang terdiri dari lembaran kertas yang terdiri dari susunan intisari materi, panduan pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa baik konsep maupun praktik, dan berpedoman pada kompetensi dasar yang berlaku, selain itu job sheet juga dapat mendukung guru dan siswa pada proses pembelajaran. Namun, kenyataannya job sheet belum memenuhi apa yang diinginkan guru dan siswa, sehingga siswa kurang dapat memahami materi yang nantinya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui validitas job sheet; dan (2) mengetahui kepraktisan jobsheet. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur yang pengumpulan dan pengelolahan datanya dari kajian pustaka dengan sumber yang relevan seperti ketetapan pemerintah, artikel, jurnal, buku teks yang berhubungan dengan validitas, dan kepraktisan job sheet pada pembelajaran. Dari hasil studi literatur dan telaah data pada jurnal dengan menghitung nilai rerata dan menggunakan teknik interpretasi nilai, didapatkan nilai validitas job sheet sebesar 85,54% yang termasuk dalam kriteria sangat vaid, nilai kepraktisan job sheet dari angket respon yang disebar ke siswa mendapatkan nilai sebesar 81,90% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dari penilaian validitas dan kepraktisan, job sheet termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran SMK.
Kata kunci: job sheet, validitas, kepraktisan, SMK.
Job sheet is a printed teaching material consisting of sheets of paper consisting of a compilation of material summaries, instructional instructions to be undertaken by students both theoretical and practical, and refers to the applicable basic competencies, in addition to that the job sheet can also help teachers and students in the learning process . But in reality the job sheet has not fulfilled what the teacher and student want, so students are not able to understand the learning material which can later affect student learning outcomes. This study aims to: (1) determine the validity of job sheets; and (2) knowing the practicality of the jobsheet. This research method uses a literature review that collects and manages data from a literature review with relevant sources such as government decrees, articles, journals, textbooks related to validity, and practicality of job sheets on learning. From the results of literature studies and study of data in journals by calculating the mean value and using value interpretation techniques, the value of job sheet validity is 85.54% which is included in the very vaid category, the practical value of the job sheet from the response questionnaire distributed to students gets a value of 81.90% which is categorized as very practical. From the validity and practicality assessment, job sheets included in the category are very feasible to be used in the learning process SMK.
Keywords: job sheet, validity, practicality, SMK.