Pengembangan Media Layanan Informasi Berbasis Website Untuk Pencegahan dan Pelaporan Perilaku Bullying pada Peserta Didik SMP
Development of Website-Based Information Service Media for Prevention and Reporting of Bullying Behavior in Junior High School Students
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk berupa media website sebagai layanan informasi untuk pencegahan dan pelaporan perilaku bullying pada peserta didik kelas VII di SMPN 36 Surabaya yang dapat memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan, dan aspek kepatutan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan berdasarkan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov meliputi tahap studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba pendahuluan, dan revisi produk. Uji validasi diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, dan calon pengguna. Validator dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, dan dua calon pengguna. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media layanan informasi berbasis website untuk pencegahan dan pelaporan perilaku bullying pada peserta didik SMP telah memenuhi kriteria akseptabilitas, meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan saran: 1) bagi guru BK, pengembangan website dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pelaksanaan layanan informasi, 2) bagi peserta didik, pengembangan website dapat digunakan untuk menambah pemahaman dan sebagai tempat pelaporan perilaku bullying, 3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini terbatas yang hanya dilakukan pada tahap ke lima, diharapkan pada peneliti selanjutnya dapat meneruskan penelitian ini sampai tahap ke sepuluh sesuai dengan prosedur model pengembangan Borg & Gall.
Kata kunci: Perilaku Bullying, Pengembangan, Media Layanan Informasi, Website
The purpose of this study is to produce a product in the form of a website media as an information service for the prevention and reporting of bullying behavior in VII grade students at SMPN 36 Surabaya which can meet the acceptability criteria including aspects of usefulness, feasibility, accuracy, and appropriateness.This study employed a research and development methodology based on the model created by Borg & Gall, which has been streamlined by the Puslitjaknov Team to include the phases of preliminary study, planning, initial product development, preliminary trials, and product revisions. Validation tests were derived from quantitative and qualitative data provided by material experts, media experts, and potential consumers. The validators in this developmental research comprised one materials expert, one media expert, and two potential users. The results of this study can be concluded that the development of website-based information service media for the prevention and reporting of bullying behavior in Junior High School students has met the acceptability criteria, including aspects of usability, feasibility, accuracy, and appropriateness. Based on the results of the study, suggestions can be submitted: 1) for BK teachers, website development can be used as a supporting media in the implementation of information services, 2) for students, website development can be used to increase understanding and as a place to report bullying behavior, 3) for further researchers, this study is limited to only being carried out in the fifth stage, it is expected that further researchers can continue this research until the tenth stage in accordance with the Borg & Gall development model procedure.
Keywords: Bullying Behavior, Development, Information Service Media, Website