PEGARUH SPIRITUALITAS DAN PENGETAHUAN PERBANKAN SYARIAH PADA LOYALITAS NASABAH BANK NON SYARIAH
THE EFFECT OF SPIRITUALITY AND KNOWLEDGE OF SHARIA BANKING ON LOYALITY OF CUSTOMER NON-SHARIA BANKS
Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh spiritualitas dan pengetahuan perbankan syariah pada loyalitas nasabah bank non syariah dengan tujuan untuk mengetahui adakah spiritualitas dan pengetahuan perbankan syariah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Pengambilan data yang digunakan ialah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 385 responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa spiritualitas memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga variabel spiritualitas dapat memengaruhi loyalitas nasabah. Pengetahuan perbankan syariah memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga variabel pengetahuan perbankan syariah dapat memengaruhi loyalitas nasabah. Spiritualitas dan pengetahuan perbankan syariah secara simultan dapat memengaruhi loyalitas nasabah dikarenakan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel loyalitas nasabah dapat diinterpretasikan oleh variabel spiritualitas dan pengetahuan perbankan syariah sebesar 0,131 atau 13,1%, sedangkan 86,9% dapat diinterpretasikan dengan variabel di luar penelitian. Hasil analisis didapatkan simpulan bahwa spiritualitas dapat memengaruhi loyalitas nasabah bank non syariah, pengetahuan perbankan syariah juga dapat memengaruhi loyalitas nasabah bank non syariah, serta spiritualitas dan pengetahuan perbankan syariah dapat memengaruhi loyalitas nasabah bank non syariah secara simultan.
The study was conducted to analyze the influence of spirituality and sharia banking knowledge to the loyalty of customer of non-sharia banks with the aim of knowing whether there are spirituality and sharia banking knowledge affecting the loyalty of customers both either partially and simultaneously. Research conducted using quantitative research with multiple linear regression analysis. The data collection used is purposive sampling with the number of samples by 385 respondents. The results of the research show that spirituality has a significance value of 0.001 <0.05, so that spiritual variables may affect customer loyalty. Sharia banking knowledge has significance value of 0.000 <0.05, so that the shariah bloody knowledge variable can affect customer loyalty. Spirituality and knowledge of sharia banking simultaneously can affect the customer loyalty because it has a significance value of 0.000 <0.05. The customer loyalty variable can be interpreted by the spirituality variable and sharia banking knowledge of 0.131 or 13.1%, while 86.9% can be interpreted with the variables outside the research. The results of the analysis of the conclusion that spirituality may affect the loyalty of customer of non-sharia banks, sharia banking knowledge can also affect the loyalty of customer of non-sharia banks, as well as spirituality and knowledge of sharia banking may affect the loyalty of customer of non-syariah bank simultaneously.