Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varian produk dan suasana kedai terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan di House of Padmaning Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah 560 responden dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 85 responden. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 16.0.
Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji F, diketahui bahwa variabel varian produk (X1) dan suasana kedai (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasar uji t diketahui bahwa variabel varian produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2,180 didukung dengan tingkat signifikansi sebesar 0,032 < 0,05. Variabel suasana kedai (X2) diketahui memiliki nilai sebesar 6,032 didukung dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara varian produk (X1), suasana kedai (X2) terhadap keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,727 menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel varian produk dan suasana kedai sebesar 72,7% terhadap keputusan pembelian, sisanya 27,3% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh penulis sebagai penambah wawasan baru terkait teori maupun hasil analisis serta dapat dimanfaatkan oleh pihak House of Padmaning Surabaya sebagai masukan dan kebijakan terkait varian produk dan suasana kedai yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : Varian Produk, Suasana Kedai, Keputusan Pembelian
The purpose of this research is to find out the influence of product variants and cafe atmosphere on purchase decision both partially and simultaneously in House of Padmaning Surabaya. The type of research was descriptive with quantitative approach. The population of this research consist 560 respondents with accidental sampling technique. Sample of research were 85 respondents. The data analysis technique used classical assumption test and multiple linear regression analysis with SPSS 16.0.
The result from F-test suggest that the variable of product variants (X1) and cafe atmosphere (X2) are simultaniously influence on purchase decision. According t-test suggest that the variable of product variants (X1) significantly influence the purchase decision with 2,180 and supported by the significance level 0,032 < 0,05. The variable of cafe atmosphere (X2) that t-test shows was 6,032 and supported by the significance level 0,000 < 0.05. These results show that product variants (X1), cafe atmosphere (X2) partially influence on purchase decision. Figures adjusted r square was 0,727 shows that the independent variable 72,7% influenced on purchase decision, the remaining 27,3% by other variables out of one variable were used in this research.
This research can be used by author as an addition to new knowledge related to the theory and results of analysis and can be used by House of Padmaning Surabaya as input and policies related to product variants and cafe atmosphere that can influence on consumer purchase decision.
Keywords: Product Variants, Cafe Atmosphere, Purchase Decision