ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM BATIK KARANGDWO KABUPATEN BOJONEGORO
SWOT ANALYSIS TO DETERMINE MARKETING STRATEGIES FOR UMKM BATIK KARANGDWO BOJONEGORO REGENCY
Sektor UMKM yang berpotensi besar dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan di Bojonegoro adalah sektor usaha dan industri. Permasalahan yang terjadi pada UMKM menghambat perkembangan dan dibutuhkan strategi pengembangan untuk meningkatkan daya saing. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat daya saing. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM diharapkan dapat meningkatkan daya saing dengan penggunaan analisis SWOT untuk menentukan strategi pemasaran pada UMKM Batik Karangdowo Kabupaten Bojonegoro.
Kata Kunci: SWOT, UMKM, kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman
The sector off UMKM that has great potential to contribute to economic growth and equal distribution of income in Bojonegoro is the business and industrial sector. Problems that occur in UMKM hinder development and development strategies are needed to increase competitiveness. The aim of this research is to analyze the level of competitiveness. The advice that can be given in this study is that MSME owners are expected to increase competitiveness by using SWOT analysis to determine marketing strategies for UKM Batik Karangdowo, Bojonegoro Regency.
Keywords: SWOT, UMKM, strengths, weaknesses, opportunities, threats