ABSTRAK
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Simulasi pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Nama : Aprin Setiawan
NIM : 15030654028
Program Studi : S-1 Pendidikan Sains
Jurusan : IPA
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Isnawati, M.Si
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran metode simulasi pada materi tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini dimulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Uji coba produk dilakukan di kelas VII-G SMPN 2 Gedangan sebanyak 24 siswa dengan desain uji coba One Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode validasi, observasi, angket, dan tes. Hasil dari data penelitian menunjukan bahwa metode simulasi layak digunakan untuk perangkat pembelajaran. Hasil validasi dan uji coba perangkat pembelajaran metode simulasi pada materi tata surya diperoleh bahwa (1) Berdasarkan penilaian validasi dari dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru IPA SMPN 2 Gedangan memperoleh kategori sangat layak (2) Berdasarkan kepraktisan, terdiri dari hasil keterlaksanaan pembelajaran yang telah terlaksana dengan kategori sangat baik dan hasil aktivitas siswa dengan kategori sangat baik (3) Berdasarkan keefektifan, terdiri dari hasil belajar siswa ranah pengetahuan dengan peningkatan skor N-Gain 0,6 dengan kriteria sedang dan hasil respon siswa dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Simulasi, Tata Surya, Hasil Belajar
ABSTRACT
Development of Learning Devices Method Simulation of Solar Systems to Improve Student Learning Results
Name : Aprin Setiawan
Registration Number : 15030654028
Study Programe : S-1 Science Education
Major : Science
Faculty : Mathematics and Natural Science
Institution : State University of Surabaya
Advisors : Dra. Isnawati, M.Si
This study aims to develop learning devices for simulation methods in solar system topic to improve student learning outcomes . The type of research that is used in this study is Research and Development (R & D). This research starts from potential and problems, data collection, product design, product validation, product revision, product testing and product revision. The product trial was conducted in class VII-G of SMPN 2 Gedangan as many as 24 students with a trial design of One Group Pretest and Posttest Design. Data collection techniques in this study used validation, observation, questionnaires, and tests. The results of the research data show that the simulation method is feasible to use for learning devices. The results of the validation and testing of learning devices simulation methods in solar system topic were obtained that are (1) Based on validation assessments from media expert lecturers, topic expert lecturers and SMPN 2 Gedangan science teachers obtained very good categories (2) Based on practicality, consisting of results of implementation learning has been done with very good categories and the results of student activities with very good categories (3) Based on effectiveness, consisting of student learning outcomes students learning outcomes based on their knowledge with an increase in N-Gain score of 0.6 with moderate criteria and student response results with very good categories.
Keyword : Simulation, Solar system, Learning outcomes