ABSTRAK
Nining Kurniyatuti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada materi Konflik Sosial Siswa Kelas XI IIS Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Harmanto, M. Pd., dan (II) Dr. M. Jacky, S.Sos. M.Si.
Kata Kunci: Model pembelajaran two stay two stray, konflik sosial, kemampuan berpikir Kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model two stay two stray terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IIS-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 17 siswa dan XI IIS-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 14 siswa.
Hasil dari penelitian uji hipotesis 1). menggunakan uji-t hasil pre test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 0,288 dengan nilai signifikansi sebesar 0,775, maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pre test antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Pada post test diperoleh nilai thitung sebesar 0,7300 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir Kritis post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (Ha diterima) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 2)uji N-gain diketahui bahwa siswa kelas eksperimen memiliki nilai N-gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Sedangkan siswa kelas kontrol memiliki N-gain sebesar 0,26 dengan kategori rendah. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran two stay two stray memiliki pengaruh dan efektivitas yang lebih baik dari pada penggunaan model numbered heads together pada siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi konflik sosial.
ABSTRACT
Nining Kurniyatuti. 2019. The Effect of the Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model on Critical Thinking Ability on Social Conflict material in Class XI Students IIS Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta. Thesis, Social Sciences Education Study Program Surabaya State University Postgraduate Program. Supervisor: (1) Dr. Harmanto, M. Pd., And (II) Dr. M. Jacky, S. Sos. M.Sc.
Keywords: Two stay two stray learning model, social conflict, Critical thinking ability.
This study aims to determine the effect of themodel two stay two stray on critical thinking skills and to find out how much improvement themodel cooperative learning type two stay two stray has on students' critical thinking skills. This research is a quantitative study, with the type ofresearch Quasi Experimental Design. Sample in this study were students of Class XI IIS-1 as an experimental class totaling 17 students and XI IIS-2 as a control class totaling 14 students.
The results of the hypothesis test 1). using the t-test results of the pre-test between the control class and the experimental class the value of tcount was 0.288 with a significance value of 0.775, so it was concluded that there was no difference in thecritical thinking skills pre- between the control class and the experimental class. At post-test obtained valuet of 0.7300 with a significance value of 0.000, it is concluded that there are significant differences Critical thinking skills post test between the control class and experimental class (Ha acceptable) means that there are significant cooperative learning model two stay two stray on students' critical thinking skills. 2) the N-gain test is known that the experimental class students have an N-gain value of 0.44 in the medium category. While the control class students have an N-gain of 0.26 with the low category. Thus it can be concluded that the use of thelearning model two stay two stray has better influence and effectiveness than the use of themodel of numbered heads together students on critical thinking skills in social conflict material.