PERANCANGAN DESAIN KEMASAN HOSHII UDON
PACKAGING DESIGN FOR HOSHII UDON
Maraknya pembelian makanan melalui aplikasi online membuat persaingan yang ketat antar pemilik bisnis kuliner di Indonesia. Hoshii Udon merupakan salah satu bisnis kuliner di Kabupaten Sidoarjo yang menjual makanan Jepang lewat aplikasi online dengan menu utamanya udon. Permasalahan yang dihadapi adalah tidak memiliki kemasan yang menggambarkan identitas merek dan memberikan informasi mengenai produk yang dipasarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan sebagai upaya membangun citra Hoshii Udon agar dapat bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai pengumpulan data, sedangkan teknik SWOT & VIEW digunakan sebagai metode analisis data. Berdasarkan hasil identifikasi data, dapat disimpulkan bahwa untuk perancangan desain kemasan Hoshii Udon memiliki 3 konsep dalam penyusunannya, yaitu ceria, hangat, dan modern. Hasil akhir dari penelitian ini berupa label kemasan yang akan diterapkan pada media paper bowl dan paper sleeve sebagai kemasan primer, 3 kemasan takeaway dan 1 kemasan kardus sebagai kemasan sekunder.
The rise of food purchases through online applications has made intense competition between culinary business owners in Indonesia. Hoshii Udon is a culinary business in Sidoarjo Regency that sells Japanese food through an online application with its main menu being udon. The problem faced is the absence of packaging that describes brand identity and provides information about the product being marketed. Therefore, this study aims to design a packaging design as an effort to build the image of Hoshii Udon so that it can compete with competitors. This study uses qualitative methods as data collection, while the SWOT & VIEW technique is used as a data analysis method. Based on the results of the data assistance, it can be interpreted that for the design of the Hoshii Udon packaging design there are 3 concepts in its preparation, namely cheerful, warm and modern. The end result of this research is a packaging label that will be applied to paper bowl and paper sleeve media as primary packaging, 3 takeaway packages and 1 cardboard packaging as secondary packaging.