Pemahaman membaca merupakan salah satu hal yang esensial dalam kemampuan membaca. Pemahaman akan lebih efektif ketika pembaca mengetahui apa makna yang telah mereka pahami tentang tema teks. Permasalahan dalam pembelajaran membaca adalah guru masih belum meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dan membiarkan siswa hanya membaca teks tanpa memahami makna dalam teks bacaan. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kompleks dan bingung dalam menafsirkan teks bacaan yang diberikan oleh guru. Hal ini membuat kemampuan membaca siswa tidak meningkat. Masalah lainnya adalah siswa membutuhkan media pembelajaran agar mereka tidak bosan di kelas membaca selama pandemi. Salah satu media pembelajaran yang menarik adalah mengimplementasikan Platform Jamboard dalam pembelajaran pemahaman bacaan dalam teks deskriptif. Beberapa tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan bagaimana persepsi siswa tentang penerapan platform Jamboard dalam pembelajaran membaca pemahaman teks deskriptif yang dipelajari siswa di tingkat sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah partisipan 30 orang di kelas VII salah satu SMP di Sidoarjo yang diperoleh dari observasi, catatan lapangan, angket, dan wawancara semi terstruktur. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan platform Jamboard dalam pembelajaran pemahaman bacaan dalam teks deskriptif berhasil dan berjalan dengan baik dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan mereka. Selain itu, siswa juga menunjukkan persepsi positif dalam motivasi, meningkatkan pemikiran kritis dan menjaga mereka agar tidak bosan selama membaca online. Siswa mendukung penerapan Jamboard dalam pembelajaran membaca karena mereka tertarik dengan hal-hal baru dan bersenang-senang selama pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk menerapkan Jamboard pada keterampilan bahasa lain atau jenis teks lainnya dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Kata Kunci: Pemahaman Membaca, Teks Deskriptif, Jamboard
Reading comprehension is one of the essential things in reading ability. The understanding will be more effective when readers know what meaning they have understood about the text's theme. The problem in teaching and learning to read is that the teacher still does not improve students' reading comprehension skills and allows students to only read the text without understanding the meaning in the reading text. This causes students to be complex and confused by interpreting the reading text given by the teacher. This makes students' reading ability not increase. Another problem is that students need instructional media to keep them from getting bored in reading classes during a pandemic. One interesting instructional media is implementing the Jamboard Platform in learning reading comprehension in descriptive text. Some of the objectives of this research are to find out how to implement and what students' perceptions of the implementation of the Jamboard platform are in learning reading comprehension in descriptive texts studied by students at the junior high school level. This study used a qualitative method with 30 participants in class VII at one of the junior high schools in Sidoarjo obtained from observations, field notes, questionnaires, and semi-structured interviews. This study indicates that implementing the Jamboard platform in learning reading comprehension in descriptive texts is successful and goes well in helping students improve their reading comprehension skills. Furthermore, students also show positive perceptions in motivation, increasing critical thinking and keeping them from getting bored during online reading. The students support the implementation of Jamboard in learning to read because they are interested in new things and have fun during the lesson. The researcher suggests teachers and further researchers implement Jamboard on other language skills or other types of texts in learning English.
Keywords: Reading Comprehension, Descriptive text, Jamboard