PERSEPSI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA KARTU (FLASH CARD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIRAGANA
PERCEPTIONS OF JAPANESE LEARNING ON THE USAGE OF FLASH CARDS MEDIA IN IMPROVING THE ABILITY TO READ HIRAGANA LETTERS
Abstrak
Penelitian artikel ini merupakan penelitian yang membahas tentang deskripsi penerapan media pembelajaran kartu (flash card) untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana. Metode yang diterapkan oleh peneliti, yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan aplikasi Google Form yang pada akhirnya didapat sebanyak 20 responden secara acak. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan teknik observasi partisipan terhadap hasil jajak pendapat dan menggunakan angket terbuka untuk respon siswa. Pengambilan data dilakukan secara online pada aplikasi Google Form yang linknya disebar melalui aplikasi Twitter dan Line.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk memberikan gambaran tentang persepsi dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana dengan media pembelajaran kartu (flash card) bagi para siswa sekolah menengah atas ataupun kejuruan sederajat tahun ajaran 2019/2020, serta mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif.
Latar belakang dari penelitian ini didasari oleh pengalaman dari peneliti saat mengajar di program PLP (Pengenalan lapangan persekolahan) pada salah satu sekolah menengah atas negeri di Kediri, di sana peneliti juga masih sering menemukan siswa yang terlihat kesulitan untuk membaca dan membedakan huruf hiragana. Sehingga peneliti berinisiatif untuk menerapkan persepsi penggunaan media pembelajaran kartu (flash card) untuk memudahkan siswa dalam membaca huruf hiragana.
Hasil dari penelitian artikel ini yaitu menjelaskan persepsi penggunaan media pembelajaran kartu (flash card) untuk membaca huruf hiragana sangat membantu dan menyenangkan bagi para siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana, serta membantu para siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar bahasa Jepang di kelas dengan suasana belajar yang baru.
Respon siswa terhadap persepsi pembelajaran bahasa Jepang terhadap penerapan media pembelajaran kartu (flash card) untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana ini mendapatkan respon yang positif. Hal ini terlihat dari hasil angket pembelajaran yang diisi oleh para siswa sekolah menengah atas ataupun kejuruan sederajat. Para siswa merasa senang dengan model pembelajaran membaca huruf hiragana menggunakan media kartu (flash card).
Kata Kunci: Media Pembelajaran kartu (flash card), membaca huruf hiragana, penerapan dan respon
Abstract
This research article is a study that discusses the description of the learning application of flash cards media to improve the ability to read hiragana letters. The method applied by researcher, namely using qualitative descriptive methods. In taking the sample, the researcher used the Google Form application, which in the end obtained 20 respondents randomly. In data collections, researchers used participant observation techniques on poll results and used open questionnaires for student responses. Data collection is carried out online on the Google Form application, which links are distributed via the Twitter and Line application.
The purpose of this study is to provide an overview of perceptions in improving the ability to read hiragana letters using flash cards media for senior high school or vocational high school students in the 2019/2020 school year, as well as being able to create a more enjoyable and effective learning situation.
The background of this research is based on the experience of researchers while teaching in PLP (the school field recognition program) at one of the senior high school in Kediri, where researcher also often find students who seem to have difficulty reading and distinguishing hiragana letters. So that the researcher took the initiative to expect perceptions of the use of learning flash cards media to make it easier for students to read hiragana letters.
The result of the research of this article are to explain learning the usage of flash cards media to read hiragana letters which very helpful and fun for students in improving the ability to read hiragana letters, as well as helping students become motivated to learn Japanese in class with a new learning situation.
Student responses to perceptions of Japanese learning on the usage of flash cards media in improving the ability to read hiragana letters received a positive response. This can be seen from the results of the learning questionnaire filled out by senior high school or vocational high school students. Where the students feeling happy with read hiragana letters learning model the using of flash cards media.
Keywords: Learning flash cards media, read hiragana letters, application and response