METODE AVT (AUDITORY VERBAL THERAPY) DALAM PERKEMBANGAN KEMAMPUAN AKADEMIK ANAK TUNARUNGU
AVT (AUDITORY VERBAL THERAPY) METHOD IN THE DEVELOPMENT OF ACADEMIC ABILITIES OF DEAF CHILDREN
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam perkembangan kemampuan akademik anak tunarungu. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai jurnal sebagai sumber referensi terkait AVT dalam perkembangan kemampuan akademik tunarungu, data ini kemudian dipilah berdasarkan kriteria yang ditentukan untuk selanjutnya dianalisa menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh AVT dalam perkembangan kemampuan akademik anak tunarungu dengan mengasah beberapa aspek penting dalam proses akademik, yaitu mengoptimalkan pendengaran anak, meningkatkan bahasa reseptif dan ekspresif, melatih bicara/suara, mengerti kosakata, mengembangakan kemampuan membaca, dan berbahasa pada anak tunarungu. Mengutamakan keberhasilan AVT untuk hasil yang optimal.
Kata Kunci: Anak Tunarungu, Kemampuan Akademik, AVT
The purpose of this study was to describe the effect of Auditory Verbal Therapy (AVT) in the development of academic abilities of deaf children. This research method uses a literature review by collecting data from various journals as reference sources related to AVT in the development of deaf academic abilities, this data then sorted based on the specified criteria for further analysis using descriptive qualitative techniques. The results of this study indicate the influence of AVT in the development of academic abilities of deaf children by improve several important aspects in the academic process, that is optimizing children's hearing, increasing receptive and expressive language, practicing speech/voice, understanding vocabulary, developing reading and language skills in deaf children. Feature the success of AVT for optimal result.
Keywords: Deaf Children, Academic Ability, AVT