Pengembangan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tari Walang Ketrek
Development of Demonstration Methods in Learning Walang Ketrek Dance
Pembelajaran tari merupakan salah satu kegiatan penting untuk anak usia dini mengembangkan aspek perkembangan khususnya pada aspek fisik motorik. Kegiatan pembelajaran tari diberikan pada anak usia dini dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menjabarkan hasil pengembangan dari metode demonstrasi dalam pembelajaran tari walang ketrek serta kelayakannya dalam pembelajaran tari bagi anak usia dini. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D atau (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini menggunakan 3 tahap yakni: (1) analisis, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan data angket. Kelayakan produk ditinjau dari segi materi tari dan segi isi yang didasarkan pada aspek penilaian yang akan dinilai oleh validator. Analisis hasil dari perhitungan berdasarkan lembar validasi yang didapat dari ahli materi sejumlah 90%, dari ahli validasi isi memiliki presentase 83% hasil tersebut dapat masuk dalam kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka metode demonstrasi dalam pembelajaran tari walang ketrek dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran tari untuk anak usia dini.
Learning dance is one of the important activities for early childhood to develop aspects of development, especially in the physical aspects of motor. Dance learning activities are given to early childhood using demonstration methods. This study aims to describe the results of the development of the demonstration method in learning the walang ketrek dance and its feasibility in learning dance for early childhood. The research method in this study uses the type of research R & D or (Research and Development) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). This research uses 3 stages, namely: (1) analysis, (2) design, and (3) development. The data collection of this research is using questionnaire data. The feasibility of the product in terms of dance material and content is based on the aspects of the assessment that will be assessed by the validator. Analysis of the results of calculations based on the validation sheet obtained from material experts is 90%, content validation experts have a percentage of 83% these results can be categorized as very valid or very feasible to use. Based on the results of these studies, the demonstration method in learning the walang ketrek dance is deemed appropriate and effective to be used as dance learning for early childhood.