PERANCANGAN FLASH CARD SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
FLASH CARD DESIGN AS EMOTION RECOGNITION MEDIA FOR PRESCHOOL CHILDREN
Pengetahuan emosi memiliki pengaruh besar terhadap proses perkembangan, baik pada perkembangan sosial-emosional ataupun perkembangan kognitif. Pada anak usia prasekolah pengetahuan dasar akan emosi yang dirasakannya sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, yakni keluarga. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan jenis ekspresi emosi pada anak usia prasekolah agar anak dapat mengidentifikasi dan mengomunikasikan emosi yang sedang dirasakannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara serta metode pengembangan R&D Borg and Gall. Perancangan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Hasil dari perancangan ini berupa flash card emosi yang divisualisasikan menggunakan teknik ilustrasi digital dan diilustrasikan secara sederhana agar mudah dipahami oleh anak. Flash card divalidasi oleh dosen Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya dan ilustrator buku anak di Little Quokka. Hasil validasi pada aspek materi menunjukkan hasil 85,7% dengan keterangan sangat baik dan pada aspek desain diperoleh hasil 70% dengan keterangan baik. Setelah diujicobakan terhadap empat anak usia prasekolah, secara keseluruhan flash card telah layak digunakan karena terdapat kesesuaian visualisasi dengan materi sehingga mudah dipahami.
Kata Kunci: anak, prasekolah, perkembangan kognitif, emosi, pembelajaran
The knowledge of an emotions has a major influence on the development process, both on a social- emotional development or cognitive development. For preschoolers, the basic knowledge of an emotions is strongly affected by their surrounding environment, which is their family. This research aims to introduce types of emotional expression to preschooler, so they can identify and communicate their emotion. This research used a qualitative research type with study literature and interview as a data collecting techniques and R&D Borg and Gall as development method. The research done through a few steps such as data analysis, product design, design validation, design revision, and user testing. The result of this design is an emotion flash card that is visualized with digital illustration technique and illustrated simply to make it easier to understand by preschooler. Validated by Psychology lecturer at Universitas Negeri Surabaya and children book illustrator at Little Quokka. The validation results showed 85,7% with a very good annotation on the material aspect and obtained 70% with a good annotation on the design aspect. Tested on four preschoolers, overall, the flash card has been proper to be use because its visual and material suitability so it was easily understood.
Keywords: children, preschooler, cognitive development, emotion, learning