Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan keefektifan modul yang dikembangkan untuk siswa kelas X Multimedia di SMKN 2 Blitar. Modul ini berisi tentang materi pengolah gambar bitmap atau raster yang ada dalam mata pelajaran dasar desain grafis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes , dan observasi. Teknik analisis data menggunakan non parametrik yaitu sign test(uji tanda). Pada uji validitas item soal dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas dinyatakan reliabel.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) modul dasar desain grafis ini dikatakan layak dari aspek materi maupun media. Pada ahli materi, setelah dilakukan revisi dikategorikan sangat baik dengan presentase 100% sedangkan ahli media dikategorikan sangat baik dengan presentase 100%. 2) Hasil uji coba yang dilakukan secara perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Uji non parametrik sign test (uji tanda) Dengan dk = N-1 = 30-1=29 pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel=2,045. Hasil uji t pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung < t tabel, sehingga dapat disimpulkan juga bahwa modul efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat membantu untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Dasar Desain Grafis
Abstract
This research aims to determine the feasibility and effectiveness of the modules developed for the grade X students of Multimedia in SMKN 2 Blitar. This module contains a bitmap or raster image processing material that is in the basic graphic design subjects. The development model used is the R&D development model of data collection using polls, tests, and observations. The data analysis technique uses a non parametric sign test. In the validity test the item is declared valid while the reliability test is declared reliable.
The result showed that: 1) This basic graphic design module is said to be worthy of both material and media aspects. On the material experts, after a very good categorized revision with a percentage of 100% while the media experts categorized very well with a percentage of 100%. 2) The results of individual trials, small groups, and large groups show that the modules developed belong to the very good category. Non parametric test sign test (sign test) with DK = N-1 = 30-1 = 29 at a significant level 5% obtained t table = 2,045. The test result of the pre-test class of experimentation and control class shows T count the < t table, so it can be concluded also that the module is effective for use in learning activities and can help to improve student learning outcomes.
Keywords: Development, Module, Basic Graphic Design