GAMBAR ILUSTRASI PADA MEDIA TOTEBAG DI SMPN 1 MOJOSARI MOJOKERTO
ILLUSTRATIONAL IMAGES ON MEDIA TOTEBAG AT SMPN 1 MOJOSARI MOJOKERTO
Ilustrasi pada umumnya hanyalah sebuah gambaran yang diaplikasikan pada media kertas saja, namun perkembangan zaman mempengaruhi kreativitas khususnya di bidang pendidikan. Pembelajaran gambar ilustrasi SMPN 1 Mojosari Mojokerto hanya memakai kertas sebagai media dalam pembuatan karya dalam pembelajaran gambar ilustrasi. Dengan demikian penggunaan totebag sebagai media untuk berkarya merupakan hal yang baru bagi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persiapan pembelajaran, proses pembelajaran gambar ilustrasi pada media totebag di SMPN 1 Mojosari Mojokerto, keefektifan dan kreativitas hasil karya peserta didik serta tanggapan peserta didik dan guru mengenai kelebihan dan kekurangan setelah mengikuti pembelajaran gambar ilustrasi pada media totebag.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi kepada peserta didik dan guru di SMPN 1 Mojosari Mojokerto. Observasi digunakan untuk mengamati langsung situasi. Wawancara dilakukan dengan guru seni budaya dan peserta didik. Angket digunakan untuk memperoleh data. Dokumentasi digunakan sebagai data penunjang.
Persiapan dalam pembelajaran ini yakni guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi, media, dan rencana evaluasi sedangkan persiapan pembelajaran yang dilakukan peserta didik adalah pemahaman tugas, peserta didik mencari inspirasi tentang gambar ilustrasi, mempersiapkan alat dan bahan, membuat sketsa dan perencanaan waktu. Proses pembelajaran gambar ilustrasi pada media totebag ini memerlukan waktu selama satu bulan di SMPN 1 Mojosari Mojokerto dengan tiga pertemuan setiap minggu satu kali. Pada pertemuan pertama peserta didik memperhatikan langkah-langkah dalam membuat ilustrasi melalui slide power point text dan kemudian peserta didik membuat sketsa gambar untuk diterapkan pada media totebag. Pertemuan kedua setelah peserta didik membuat sketsa gambar yang sudah dibuat pada pertemuan pertama kemudian diterapkan pada media totebag. Pada pertemuan ketiga peserta didik melakukan proses finishing, dan melakukan presentasi. Evaluasi hasil karya peserta didik memiliki kriteria sangat baik, baik dan cukup dengan persentase 30%, 50% dan 20%. Dalam penilaian tersebut memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian hasil karya gambar ilustrasi menggunakan media totebag oleh peserta didik kelas VIII G menunjukkan bahwa pembelajaran gambar ilustrasi telah memberikan manfaat yang signifikan dalam mengembangkan keterampilan kreativitas dan seni visual peserta didik. Dengan menggunakan media totebag, pembelajaran gambar ilustrasi ini dapat berhasil dan dapat dijadikan sebagai media baru yang efektif bagi peserta didik untuk mengekspresikan ide-ide mereka secara visual, namun pada pembelajaran ini pada saat proses pewarnaan tidak mudah untuk diperbaiki.
Kata Kunci: Gambar Ilustrasi, Totebag, Kreativitas
Illustrations are generally just an image that is applied to paper media, but the times have affected creativity, especially in the field of education. Learning drawing illustrations at SMPN 1 Mojosari Mojokerto only uses paper as a medium in making works in learning drawing illustrations. Thus using a totebag as a medium for work is something new for students.
This study aims to identify and describe the preparation of learning, the learning process illustrated in the media totebag at SMPN 1 Mojosari Mojokerto, the effectiveness and creativity of the students' work as well as the responses of students and teachers regarding the advantages and disadvantages after participating in the illustration learning on the media totebag.
This research was conducted using qualitative research methods. Meanwhile, data collection techniques used observation, interviews, questionnaires, and documentation for students and teachers at SMPN 1 Mojosari Mojokerto. Observation is used to directly observe the situation. Interviews were conducted with arts and culture teachers and students. Questionnaires are used to obtain data. Documentation is used as supporting data.
Preparation in this lesson, namely the teacher prepares a learning implementation plan (RPP), materials, media, and evaluation plans while the learning preparations carried out by students are understanding assignments, students look for inspiration about illustrative images, prepare tools and materials, make sketches and time planning. The process of learning illustration images on the media totebag took one month at SMPN 1 Mojosari Mojokerto with three meetings once a week. At the first meeting students pay attention to the steps in making illustrations through powerpoint text slides and then students make sketches of images to apply to the media totebag. The second meeting after the students made sketches of the pictures that had been made at the first meeting were then applied to the media totebag. At the third meeting, the students carried out the finishing process and made presentations. Evaluation of students' work has very good, good and sufficient criteria with a percentage of 30%, 50% and 20%. In this assessment it meets the minimum completeness criteria standard (KKM). Thus the work of illustration images using the media totebag by class VIII G students showed that learning to draw illustrations has provided significant benefits in developing students' creativity and visual arts skills. By using a media totebag, learning this illustration image can be successful and can be used as an effective new media for students to express their ideas visually, but in this lesson the coloring process is not easy to fix.
Keywords: Illustration Image, Totebag, Creativity