Pengaruh Budaya Sekolah, Motivasi dan Komitmen terhadap Kinerja Wakil Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Mojokerto
The Influence of School Culture, Motivation and Commitment to the Performance of Junior High School Vice Principals in Mojokerto
Santi Ratnaning Tias, 2022. Pengaruh Budaya Sekolah. Motivasi dan Komitmen terhadap Kinerja Wakil Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Mojokerto. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si dan (II) Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Budaya Sekolah, Motivasi, Komitmen, Kinerja, Wakil Kepala Sekolah
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya sekolah, motivasi dan komitmen terhadap kinerja wakil kepala sekolah pada sekolah menengah pertama di Mojokerto, serta menguji model penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian multiple correlation, melalui analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Analysis Moment of Structural (AMOS), dengan metode ini untuk menggali data menggunakan empat variabel yang diteliti, yaitu budaya sekolah, motivasi, komitmen dan kinerja. Pengambilan sampel menggunakan angket, dengan metode yang dinyatakan Ferdinand didapatkan 261 responden wakil kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1) budaya sekolah tidak mempengaruhi kinerja wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (2) motivasi mempengaruhi kinerja wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (3) komitmen mempengaruhi kinerja wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (4) secara bersama-sama budaya sekolah, motivasi dan komitmen mempengaruhi kinerja wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (5) budaya sekolah melalui motivasi mempengaruhi kinerja wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (6) budaya sekolah melalui komitmen mempengaruhi kinerja wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (7) budaya sekolah mempengaruhi motivasi wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto; (8) budaya sekolah mempengaruhi komitmen wakil kepala sekolah pada SMP di Mojokerto, yang merupakan kebaharuan/novelty penelitian ini. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi bidang pendidikan khususnya teori manajemen pendidikan yang menekankan kepada budaya sekolah, motivasi, komitmen, dan kinerja wakasek pada SMP, dapat digunakan sebagai referensi menentukan arah kebijakan pemerintah daerah yang bersifat manajerial terkait pentingnya peran dan kinerja wakil kepala sekolah pada SMP.
Santi Ratnaning Tias, (2022). The Influence of School Culture, Motivation, and Commitment to the Performance of Junior High School Vice Principals in Mojokerto. Education Management Study Program, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si (II) Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.
Keywords : School Culture, Motivation, Commitment, Performance, Vice Principals
This study sought to examine the influence of school culture, motivation and commitment to the performance of junior high school vice principals in Mojokerto, and to seek the most applicable research model. The author employed a quantitative approach, namely multiple correlation through Structural Equation Modeling (SEM) analysis with the Analysis Moment of Structural (AMOS) method to collect data using the four variables studied: school culture, motivation, commitment and performance. The author utilised a questionnaire as per the method stated by Ferdinand for data sampling; 261 respondents were vice principals. The results revealed that the performance of vice principals at junior high schools in Mojokerto: (1) was not influenced by school culture, (2) influenced by motivation, (3) influenced by commitment, (4) influenced by the relationship between school culture, motivation and commitment, (5) influenced by school culture through motivation, (6) influenced by school culture through commitment. (7) School culture influences the motivation of junior high school vice principals in Mojokerto and lastly (8) school culture influences the commitment of junior high school vice principals in Mojokerto. These are the novelties in the research. The findings contribute to the field of education, especially education management theory. They emphasise school culture, motivation, commitment, and performance of junior high school vice principals. The research highlights the importance of vice principals’ roles and instrumental to be referenced in determining relevant policy directions. The research provides managerial contributions in the realm of education to make managerial decisions of education in junior high schools.