Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual
Creative Thinking of High School Students in Solving Contextual Problems
ABSTRAK
Syifa’uliyah. 2023. Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Tatag Yuli E. S., M.Pd. dan (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Kata-kata Kunci: berpikir kreatif, penyelesaian masalah, masalah kontekstual.
Masalah kontekstual adalah masalah non rutin yang berkaitan dengan kehidupan nyata atau sehari-hari berupa soal cerita, sehingga siswa mampu menerapkan berbagai masalah kontekstual dalam pembelajaran matematika. Dalam menyelesaikan masalah kontekstual akan berbeda antara siswa satu dengan yang lainnya, hal ini dikarenakan berpikir kreatif setiap siswa berbeda. Berpikir kreatif adalah proses dalam memunculkan banyak ide/kemungkinan jawaban dari suatu masalah, yang memiliki aspek kelancaran, keaslian, dan kelenturan untuk menghasilkan ide jawaban. Sedangkan tahapan berpikir kreatif: 1) Mensintesis ide. 2) Membangun ide. 3) Merencanakan ide. 4) Menerapkan ide.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah kontekstual kelas X SMA berdasarkan tingkat berpikir kreatif (kreatif dan cukup kreatif). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 (dua) siswa. Pengumpulan data dilakukan secara tertulis (Tes Berpikir Kreatif) dan wawancara. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan indikator tahapan berpikir kreatif yang telah dirumuskan berdasarkan teori yang dikemukakan Siswono (2007). Kemudian untuk menjamin keabsahan data penelitian yang diperoleh, dilakukan triangulasi waktu yaitu dilakukan wawancara terhadap subjek dengan pertanyaan setipe dalam waktu yang berbeda dengan tujuan untuk mengetahui konsistensi atau keajekan dari jawaban subjek terhadap hasil wawancara yang dilakukan dengan pertanyaan yang sama tetapi dengan waktu yang berbeda.
Berdasarkan hasil penelitian tentang berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah kontekstual didapatkan informasi bahwa: a) siswa dengan berpikir kreatif (kreatif) mampu menentukan konsep, ide yang bersumber dari pengalaman sehari-hari, memunculkan ide yang berbada dari setiap permasalahan dengan berbagai macam pola, menentukan dan menyusun strategi untuk menerapkan ide berdasarkan informasi yang diterima, namun siswa kurang baik dalam mengimplementasikan pada permasalahan terakhir, tetapi sudah memiliki konsep yang kuat, meskipun tidak ditunjukkan besar hadiahnya melalui tahapan mensintesis ide, membangun ide, merencanakan ide, dan menerapkan ide. b) siswa dengan berpikir kreatif (cukup) mampu mengingat kembali rumus barisan dan deret aritmetika, berdarsarkan informasi yang diperoleh pada soal, memunculkan ide/pola yang berbeda bersumber dari pengetahuan yang diterima siswa pada saat pembelajaran, menentukan dan menyusun ide yang digunakan, siswa kurang teliti dalam menjawab soal, namun ide yang diberikan sudah benar dan tepat derta kurang menjawab permasalahan terakhir melalui tahapan mensintesis ide, membangun ide, merencanakan ide, dan menerapkan ide.
ABSTRACT
Syifa'uliyah. 2023. Creative Thinking of High School Students in Solving Contextual Problems. Thesis. Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Surabaya State University. Advisors: (1) Prof. Dr. Tatag Yuli E. S., M.Pd. and (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Key Words: creative thinking, problem solving, contextual problems.
Contextual problems are non-routine problems that are related to real or daily life in the form of story questions, so that students are able to apply various contextual problems in learning mathematics. In solving contextual problems, it will be different from one student to another, this is because the creative thinking of each student is not the same. Creative thinking is the process of coming up with many ideas/possible answers of a problem, which has aspects of fluency, originality, and flexibility to generate the ideas. While the stages of creative thinking are: 1) synthesizing ideas, 2) building ideas, 3) planning ideas, and 4) implementing ideas.
This research is a descriptive study with a qualitative approach that aims to describe the creative thinking of high school students in solving contextual problems in class X based on the level of creative thinking (creative and creative enough). The subjects in this study were 2 (two) students. Data collection was done in written form (Creative Thinking Test) and interview. Furthermore, the data obtained were analyzed by using indicators of creative thinking stages that have been formulated based on the theory proposed by Siswono (2007). Then to ensure the validity of the research data, time triangulation was carried out, that is conducting interview with subjects with similar questions at different times with the aim of knowing the consistency or persistence of the subject's answers to the results of interviews conducted with the same questions but at different times.
Based on the results of research on creative thinking of high school students in solving contextual problems, the researcher obtained: a) students with creative thinking (creative) are able to determine concepts, their ideas were based on daily experiences, come up with different ideas from each problem with a variety of patterns, determine and develop strategies to apply ideas based on the information received, but students are less good at implementing in the last problem, but already have a strong concept, although not shown the size of the prize through the stages of synthesizing ideas, building ideas, planning ideas, and applying ideas. b) students with creative thinking (moderate) are able to recall the formulas of arithmetic rows and series, based on the information obtained in the problem, come up with different ideas/patterns based on the knowledge received by students during learning, determine and compile the ideas used, students are less careful in answering the problem, but the ideas given are correct and appropriate and do not answer the last problem through the stages of synthesizing ideas, building ideas, planning ideas, and applying ideas.