Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan respons permainan rugby pada laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sebagai partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro kelas XI sebanyak 100 siswa yang diambil secara random. Berdasarkan uji validitas angket, 13 item pernyataan terbukti bahwa nilainya > 0,195 maka angket dinyatakan valid untuk uji reabilitas > 0,6. Pada penelitian ini pengumpulan data yang digunakan berupa angket dalam bentuk aplikasi google form. Hasil penelitian dengan uji independent sample test menunjukkan angka sebesar 0,130 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan signifikan antara respons laki-laki dan perempuan dalam permainan rugby. Aspek kegembiraan mendapatkan skor penilaian paling tinggi yaitu dengan persentasi 32 (29,9%), untuk aspek perlengkapan mendapatkan skor terendah yaitu dengan persentasi 4 (3,7 %). Pada kelompok laki-laki memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelompok perempuan sebesar (91,90 > 86,81). Tidak ada perbedaan gender dalam persepsi permainan rugby antara kelompok siswa laki-laki dan kelompok siswa perempuan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah respons siswa terhadap permainan rugby pada kelompok laki-laki memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok perempuan. Pada angket respons siswa terdapat beberapa aspek dan yang tertinggi adalah aspek kegembiraan sedangkan untuk aspek yang dipersepsi negatif yaitu aspek perlengkapan.
Kata Kunci: permainan rugby; respons siswa; persepsi positif; perbedaan gender
This study aims to determine the differences in responses to the game of rugby in man and women. This research uses quantitative descriptive research. As participants in this study, 100 students of the Bojonegoro Model Integrated Senior High School class XI were taken randomly. Based on the validity of the questionnaire, the 13 statement items proved that the value was > 0.195, so the questionnaire was declared valid for the reliability test > 0.6. In this study, data collection was used in the form of a questionnaire in the form of a google form application. The results of the study using the independent sample test showed a number of 0.130 > 0.05, which means that there is no significant difference between the responses of men and women in the game of rugby. The fun aspect got the highest score with a percentage of 32 (29.9%), for the equipment aspect it got the lowest score with a percentage of 4 (3.7%). In the male group, the average score was higher than the female group (91.90 > 86.81). There is no gender difference in the perception of the game of rugby between groups of male students and groups of female students. The conclusion in this study is that students' responses to the game of rugby in the male group have a higher average score than the female group. In the student response questionnaire, there are several aspects and the highest is the aspect of joy, while the aspect that is perceived negatively is the aspect of equipment.
Keywords: rugby game; student response; positive perception; gender difference