Anak tunarungu mengalami hambatan dalam pendengaran dan bahasa yang berpengaruh pada semua keterampilan bahasa menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Demikian juga dengan kemampuan membaca huruf Hijaiyah anak tunarungu mengalami kesulitan. Untuk itu perlu dicobakan metode untuk meningkatkan kemampuan membacanya, salah satu metode adalah metode Al-Barqy. Hambatan dalam membaca huruf Hijaiyah tersebut akan diatasi dengan menggunakan metode Al-Barqy. Metode Al-Barqy menggunakan kata lembaga berbahasa Indonesia yang biasa di gunakan anak dalam berkomunikasi sehari-hari. Sehingga anak tunarungu bisa belajar membaca dan menulis Al-Qur’an dengan cara yang lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kertosono.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen dan menggunakan rancangan one-group pre-test and post-test design dengan subjek sebanyak 6 orang anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kertosono.
Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf Hijaiyah sebelum menggunakan metode Al-Barqy yang ditunjukan pada Grafik 4.1 adalah 31,06 sedangkan kemampuan membaca hururf Hijaiyah setelah menggunakan metode Al-Barqy adalah 81,74. Terdapat signifikansi sebesar 50,68 pada selisih dari nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan Zhitung = 2,2 lebih besar dari pada Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5%. Bila Zhitung = 2,2 > Ztabel = 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kertosono.
Kata Kunci: Tunarungu, Hijaiyah, Metode Al-Barqy.
Child of deaf are experiences of resistance in hearing and language that have an in with all language skills correct reading, converse, read and write. And so it is with ability reads Hijaiyah letter child of deaf find difficulties. For that must tried method to improve ability read it, one of method is Al-Barqy method. Resistance in reading Hijaiyah letter is referred as will be overcome by using Al-Barqy method. Al-Barqy Method uses institute word the usual use child in communicating every day. Until child of deaf can learn read and write Al-Qur’an in a way that easier. Research Target this is to prove influence Al-Barqy method to ability read Hijaiyah letter at child of deaf in SLB (Extraordinary school) Muhammadiyah Kertosono.
This Research uses quantitative approach with type of experiment pre research and use design one-group pre-test and post-test design with subject of 6 children of deaf in SLB Muhammadiyah Kertosono.
Data collecting of Technique have the shape of test and documentation. Technique of data analysis use statistic non parametric Wilcoxon Match Pairs Test. Research Result indicates that ability reads Hijaiyah letter before use Al-Barqy method that pinpointed at 4.1 Graphic is 31,06 whereas ability reads Hijaiyah letter after use Al-Barqy method is 81,74. There is significance as high as 50,68 at difference from value of the average of result pre-test and post-test. This condition indicates that there is improvement. In other hand, research result also shows Z Calculate = 2,2 bigger than at Z table = 1,96 by crisis value 5%. If Z Calculate = 2,2 > Z table = 1,96 then can be concluded that there is influence Al-Barqy Method to ability read Hijaiyah letter at child of deaf in SLB Muhammadiyah Kertosono.
Keyword: deaf child, Hijaiyah Letter, Al-Barqy Method.