Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek terhadap Niat Beli pada Konsumen Produk Scarlett Whitening
The Influence of Product Innovation and Brand Image on Purchase Intention of Consumers for Scarlett Whitening Products
Salah satu sektor industri yang saat ini berkembang pesat di Indonesia adalah industri perawatan kulit. Persaingan merek dan inovasi produk skincare menarik perhatian konsumen untuk membeli produk skincare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan citra merek terhadap niat beli produk Scarlett Whitening. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang mengetahui tentang produk Scarlett Whitening dengan jumlah sampel 120 responden, dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Metode yang digunakan adalah judgemental sampling, disebarkan menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk Scarlett Whitening. Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah inovasi produk dan citra merek mempengaruhi niat beli dengan hubungan yang sangat kuat (positif) dan proporsional. Sementara itu, signifikansi penelitian terhadap industri kosmetik dan perawatan kulit ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan bisnis dengan mengoptimalkan pengembangan variasi produk dan pemanfaatan merek.
One of the industrial sectors currently multiplying in Indonesia is the skincare industry. Brand competition and skincare product innovation attract the attention of consumers to buy skincare products. This study aims to determine the effect of product innovation and brand image on the purchase intention of Scarlett Whitening products. This type of research uses quantitative methods. The population in this study were respondents who knew about the Scarlett Whitening product with a total sample of 120 respondents, using a non-probability sampling technique. The method used was judgmental sampling, distributed using an online questionnaire. Data analysis used the multiple linear regression method with the help of the SPSS program version 26. The results showed that product innovation and brand imagehad a positive and significant effect on the purchase intention of Scarlett Whitening products. The theoretical implication of this research is that product innovation and brand image affect purchase intention with a very strong (positive) and proportional relationship. Meanwhile, the significance of this research on the cosmetic and skincare industry is expected to be a reference in business management by optimizing the development of product variations and brand utilization.