Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Gather Town pada Materi Rapat di SMKN 1 Surabaya
Development of Gather Town Interactive Learning Media in Meeting Materials at SMKN 1 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran interaktif gather town pada materi rapat di SMK Negeri 1 Surabaya serta digunakan untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan dan evaluasi siswa terhadap pengembangan media gather town sebagai media pembelajaran alternatif pada mata pelajaran otomatisasi tata keloka humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Raiser dan Mollenda. Pengembangan media gather town ini melalui 5 tahap yaitu: 1) Analysis; 2) Design, 3) Development, 4) Implementation. 5) Evaluation, namun hanya dilakukan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi karena tujuan dari penelitian ini sebatas mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yang valid untuk diterapkan berdasarkan penilaian validator dari media yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kelayakan media dapat dilihat melalui hasil dari validasi para ahli dan evaluasi siswa. Persentase yang didapatkan dari validator ahli materi yang dilakukan oleh Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran serta Guru Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK Negeri 1 Surabaya sebesar 92,1% dengan kategori Sangat Layak yang berarti materi otomatisasi tata keloka humas dan keprotokolan pada kompetensi dasar menerapkan rapat Layak digunakan dalam media ini. Persentase yang didapatkan dari validator ahli media dilakukan oleh Guru Multimedia SMK Negeri 1 Surabaya sebesar 81,1% dengan kategori Sangat Layak yang berarti media pembelajaran gather town Layak digunakan. Hasil persentase respon siswa kelas XII OTKP 4 SMK Negeri 1 Surabaya sebesar 94,4% dengan kategori Sangat Layak yang berarti media pembelajaran gather town Layak digunakan sebagai media pembelajaran.
This study aims to analyze the development of gather town interactive learning media in meeting materials at SMK Negeri 1 Surabaya and is used to determine how the feasibility of developing and evaluating students towards the development of gather town media as an alternative learning medium in the subject of automation of public relations and protocol governance at SMK Negeri 1 Surabaya.This study uses R&D with the ADDIE model, went through 5 stages, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation. 5) Evaluation, but only done antil the fourth stage because the purpose of this research is to develop and produce valid learning media from the previous one.Based on the results of this study indicate that the quality of media feasibility can be seen through the results of the validation of experts and student evaluations. The percentage obtained from material validators conducted by Lecturers of Office Administration Education and Teachers of Public Relations and Protocol Management Automation at SMK Negeri 1 Surabaya is 92.1% with a Very Eligible category, the percentage obtained from the media validator carried out by Multimedia Teachers at SMK Negeri 1 Surabaya is 81.1% with the Very Eligible category, and the results of the percentage of student responses in class XII OTKP 4 SMK Negeri 1 Surabaya are 94.4% in the Very Eligible category, which means that gather town learning media is eligible to be used as a learning medium.