Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak berupa trainer robot line follower berbasis mikrokontroller arduino dan experiment sheet untuk mata pelajaran mikroprosesor dan mikrokontroller. Kriteria kelayakan tersebut ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan efektifitas.
Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation Evaluation). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba trainer dan experiment sheet dilakukan kepada 30 peserta didik Kelas XI TEI SMK Negeri 1 Driyorejo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi trainer dan experiment sheet, angket kepraktisan trainer dan experiment sheet serta lembar penilaian peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat validitas trainer sebesar 91,07% (sangat valid) dan experiment sheet sebesar 92,5% (sangat valid). Untuk tingkat kepraktisan yang dilihat dari respon peserta didik mencapai 85,42% (sangat praktis). Untuk tingkat efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar adalah 84,14 dan telah melebihi KKM (KKM=75). Dari hasil analisis SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 12,831 dengan df adalah 29 dan memperoleh signifikansi 0,000. Sehingga nilai rata-rata hasil belajar peserta didik lebih besar dari KKM dan dapat dikatakan efektif.
Kata kunci: Trainer, experiment sheet, validitas, kepraktisan, efektifitas
This study aims to produce appropriate products in the form of line follower robot trainers based on Arduino microcontrollers and experiment sheets for microprocessor and microcontroller subjects. The eligibility criteria are reviewed from the aspect of validity, practicality and effectiveness.
Product development in this research using the stage ADDIE (Analyze, Design, development, Implementation Evaluation). The research design used is the One-Shot Case Study. The trial of trainers and experiments was carried out to 30 students of Class XI TEI SMK Negeri Driyorejo. The instruments used were the validation sheets for trainers and experiment sheets, practicum questionnaires of trainers and experiments and student assessment sheets.
The results of the study show that the products developed are suitable for use. This is evidenced by the trainer's validity level of 91.07% (very valid) and experiment sheet at 92.5% (very valid). For the level of practicality seen from the response of students reached 85.42% (very practical). For the level of effectiveness in terms of student learning outcomes shows that the average learning outcome is 84.14 and has exceeded KKM (KKM=75). From the results of the SPSS analysis, the value of t-count is 12,831 with df being 29 and getting a significance of 0,000. So that the average value of student learning outcomes is greater than KKM and can be said to be effective.
Keywords: Trainer, experiment sheet, validity, practicality, effectiveness