MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 1 WAJAK KABUPATEN MALANG
ENVIRONMENT-BASED CURRICULUM MANAGEMENT AT SMPN 1 WAJAK, MALANG REGENCY
ABSTRAK : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program pendidikan lingkungan hidup yang merupakan suatu peluang bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga sekolah yang memiliki predikat sebagai sekolah Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup di SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang melalui pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup pada semua mata pelajaran yang memiliki fokus penelitian berikut, (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Evaluasi; (4) Dampak Implementasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas mencakup triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck; uji validitas; dependabilitas; dan konfirmabilitas. xi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup sudah dilaksanakan dengan cukup baik dilihat berdasarkan partisipasi dan komitmen semua warga sekolah dalam mempertahankan kebersihan dan kenyamanan sekolah. Dilihat dari perencanaan kurikulum lingkungan hidup sudah dilaksanakan dengan cukup baik dimana pertanggungjawaban dilakukan sesuai dengan kebijakan dan rancangan program kegiatan yang ada pada kurikulum yang telah disusun sebelumnya dan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan dilihat dari dampaknya sudah memberikan efek yang cukup baik terhadap peningkatan kualitas pendidikan baik prestasi peserta didik, profesionalitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan maupun lingkungan sekolah itu sendiri.
Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pendidikan Lingkungan Hidup
ABSTRACT : This research is motivated by an environmental education program which is an opportunity for educational institutions to improve the quality of education in school institutions that have the title as Adiwiyata schools. This study aims to describe and analyze environmental-based curriculum management at SMP Negeri 1 Wajak, Malang Regency through the integration of environmental education in all subjects that have the following research focuses, (1) Planning; (2) Implementation; (3) Evaluation; (4) Implementation Impact. This study uses qualitative methods, data collection techniques through interviews, observations, and documentation studies. Data analysis techniques used include data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data was tested by means of a credibility test including source triangulation, technical triangulation and member check; validity test; dependability; and confirmability. The results of this study indicate that environmental-based curriculum management has been implemented quite well, judging by the participation and xiii commitment of all school members in maintaining the cleanliness and comfort of the school. Judging from the environmental curriculum planning has been implemented quite well where accountability is carried out in accordance with the policies and program design activities that exist in the curriculum that has been prepared previously and refers to the applicable laws and regulations. Meanwhile, seen from the impact, it has had a fairly good effect on improving the quality of education, both for student achievement, the professionalism of the performance of educators and education staff as well as the school environment itself.
Keywords : Planning, Implementation, Evaluation, Environmental Education