PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI MIPA SMA NU 1 GRESIK
THE INFLUENCE OF THE USE SCRAMBLE LEARNING MODEL ON THE ABILITY TO COMPOSE A SIMPLE ESSAY ON CHINESE LANGUAGE IN CLASS XI MIPA SMA NU 1 GRESIK
Kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik dalam pembelajaran bahasa Mandarin ialah menyusun karangan sederhana. Hal ini terjadi dikarenakan peserta didik kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik lebih senang ketika diajari materi yang berhubungan dengan berbicara daripada materi yang berhubungan dengan menulis. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan, pengaruh penggunaan serta respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik tahun ajaran 2019/2020. Dalam pemilihan sampel, peneliti memilihnya secara acak dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang di setiap kelas.
Hasil observasi guru pada pertemuan pertama di kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 81,25%, pada pertemuan kedua sebesar 93,57% kemudian hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 67% sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 88,6%. Hasil observasi guru di pertemuan pertama dan kedua dan hasil observasi aktivitas peserta didik di pertemuan pertama dan kedua berdasarkan skala Likert masuk dalam kriteria “sangat baik”.
Kemudian data dari hasil tes pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar 44, dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 87,5 dengan kenaikan sebesar 43,4%. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar 41, dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 63,4 dengan kenaikan sebesar 23,4%. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh hasil sebesar 1,67, hal ini membuktikan bahwa t0 lebih besar dari tα (7,9>1,67). Maka H1 diterima dan 𝐻0 ditolak yang berarti model pembelajaran scramble memiliki pengaruh dalam kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin.
Berdasarkan angket yang sudah dibagikan di kelas eksperimen, sebagian besar siswa memberi respon setuju terhadap penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin. Salah satunya dalam butir soal nomor 3 diperoleh hasil 83,3%, yang dalam skala Likert termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif akan penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin.
Difficulties experienced by students of XI MIPA NU 1 Gresik high school in learning Chinese is the difficulty in compiling simple Chinese essays. This happens because the students of class XI MIPA NU 1 Gresik high school prefer to be taught material related to speaking rather than material related to writing. To overcome these difficulties, researchers used a scramble learning model. This study aims to describe the application process, the effect of the use and response of students in using the scramble learning model to the ability to compose simple Chinese essays.
This research is included in experimental research using a quantitative approach. In this study, the population is all students of class XI MIPA SMA NU 1 Gresik in the academic year 2019/2020. In selecting samples, researchers chose them randomly using simple random sampling techniques and obtained class XI MIPA 6 as an experimental class and class XI MIPA 7 as a control class. With the number of each student in each class of 27 people.
The results of teacher observations at the first meeting in the experimental class obtained a percentage of 81.25%, at the second meeting of 93.57% and observations of student activity at the first meeting of 67%, at the second meeting of 88.6%. For the results of teacher observations in the first and second meetings and observations of students' activities in the second meeting based on Likert scale included in the criteria of "very good". While the results of observations of students' activities at the first meeting on a Likert scale are included in the "good" criteria.
Then data on the results of learning tests using scramble learning models obtained an average value of pretest results of 44, and the average value of posttest results of 87.5 with an increase of 43.4%. Whereas in the control class the average value of the pretest results was 41, and the average value of the posttest results was 63.4 with an increase of 23.4%. From the results of t-test calculations obtained data on the t-table obtained 1.67, t0 is greater than tα (7.9> 1.67). Then H1 is accepted and H0 is rejected, which means the scramble learning model has an influence in the ability to compose simple Chinese essays.
From the questionnaire that was distributed, most of the students responded in agreement with the use of the scramble learning model for the ability to compose simple Chinese essays. One of the items in item 3 is 83.3%, which in the Likert scale is included in the very good criteria. Based on this it can be concluded that students gave a positive response to the use of the scramble learning model to the ability to compose simple Chinese essays.