PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MEMBUAT SAKU VEST DI KELAS XI TATA BUSANA 2 SMKN 8 SURABAYA
Video pembelajaran merupakan media yang disusun secara sistematis dengan mengacu dan berpedoman pada kurikulum serta materi yang berlaku dan dalam pengembangannya, video pembelajaran mengaplikasikan prinsip pembelajaran sehingga hal tersebut dapat menarik minat belajar peserta didik dan peserta didik dapat memahami materi secara lebih mudah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat validitas media video pembelajaran ditinjau dari aspek materi dan media serta mengetahui hasil belajar siswa di kelas XI Tata Busana 2 SMKN 8 Surabaya setelah diterapkannya media video pembelajaran membuat saku vest. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan media pembelajaran ADDIE yang telah dikembangkan oleh Dick and Carry dipilih untuk menjadi acuan pelaksanaan penelitian pengembangan ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket yang untuk mengukur tingkat validitas dan metode tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dalam ranah psikomotor. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar tes kinerja siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mengolah dan menganalisis hasil angket validasi dan hasil tes kinerja siswa dalam membuat saku vest. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut, 1) media video pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi dengan tingkat validitas materi sebesar 4,38 termasuk kategori layak diujicobakan dan tingkat validitas media sebesar 4,43 termasuk kategori layak diuji cobakan, 2) hasil belajar siswa dalam kompetensi membuat saku vest setelah diterapkan media video pembelajaran menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% yang mana telah melampaui ketuntasan klasikal minimal yang diterapkan di SMKN 8 Surabaya yaitu sebesar 76%.
Learning videos are media that systematically arranged by referring to and guided by the curriculum and applicable materials and in their development, learning videos apply learning principles so that they can attract students' interest in learning and students can understand the material more easily. This research was conducted with the aim of knowing the level of validity of the learning video media in terms of material and media aspects and knowing the learning outcomes of students in class XI Fashion Design 2 SMKN 8 Surabaya after the application of learning video media to make a vest pocket. The type of research used is research and development. The ADDIE learning media development model that has been developed by Dick and Carry was chosen to be a reference for the implementation of this development research. The method of data collection in this research is to use a questionnaire method to measure the level of validity and the test method is used to measure student learning outcomes in the psychomotor domain. The instruments used in this study were questionnaires and student performance test sheets. Data analysis technique in this research is descriptive analysis technique. Descriptive analysis technique was used to process and analyze the results of the validation questionnaire and the results of students' performance tests in making a vest pocket. The research that has been carried out shows the following results, 1) the learning video media developed has been validated with a material validity level of 4.38 including the category worthy of being tested and the media validity level of 4.43 including the worthy category being tested, 2) student learning outcomes in the competence of making a vest pocket after the application of learning video media showed classical completeness of 87.5% which had exceeded the minimum classical mastery applied at SMKN 8 Surabaya, which was 76%