Tujuan pada penelitian ini yaitu (1)mendeskripsikan pengaruh pengaruh model gaya belajar (VAK) terhadap shooting bola basket pada siswa kelas XI SMAAl Irsyad Surabaya. (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan peningkatan hasil shooting bola basket menggunakan model gaya belajar VAK(Visual, Auditory, Kinestetic) di Kelas XI SMAAl Irsyad Surabaya. Sampel yang digunakan merupakan 2 rombel kelas, masing-masing setiap kelas berjumlah 24 siswa.Jadi, jumlah dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Teknik ini memberi kesempatan yang sama bagi semua rombel agar terpilih menjadi sampel penelitian. Dengan demikian kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas XI yang berjumlah 48 siswa. Hasil penelitian terdapat dua cara untuk melihat adanya pangaruh yaitu yang pertama membandingkan thitung dengan ttabel pada ketentuan jika thitung bernilai positif maka ada pengaruh jika thitung > ttabel begitu sebaliknya jika thitung bernilai negatif maka tidak ada pengaruh jika thitung < ttabel. Dari tabel 4.5 diketahui bahwa thitung sebesar 11,100 yang berarti thitung > ttabel pada atau 11,100 > 1,714 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat yang signifikanmodel gaya belajar VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) terhadap shooting bola basket pada siswa kelas XI SMAAl Irsyad Surabaya. Setelah mengetahui hasil pengaruh model pembelajaran (VAK) terhadap belajar shooting bola basket, maka selanjutnya peneliti mengetahui data peningkatan hasil penelitian dari keterampilan awal pretest shooting bola basket sampai posttest terdapat peningkatan sebesar 2%.
Kata Kunci :Model gaya belajar (VAK), Shooting bola basket.
The purpose of this study is (1) to describe the effect of the learning style model (VAK) on ball shooting basketball in class XI Al Irsyad High School Surabaya. (2) Knowing how much increased the results of basketball shooting using the VAK learning style model (Visual, Auditory, Kinestetic) in Class XI Al Irsyad Surabaya High School. The sample used is 2 classes, each class consists of 24 students. So, the number in this study was 48 students. The sample was chosen using cluster random sampling technique that is random sampling technique. This technique provides the same opportunity for all groups to be selected as research samples. Thus the class chosen as the research sample is class XI which amounts to 48 students.The results of the study there are two ways to see the effect, namely the first to compare tcount with ttable in the provision if tcount is positive, then there is an effect if tcount> ttable so vice versa if tcount is negative then there is no effect if tcount <ttable From table 4.5 it is known that tcount is 11,100 which means tcount> t table at or 11,100> 1,714 at a significant level of 5%, it can be concluded that there is a significant VAK learning style model (Visual, Auditory, Kinestetic) on basketball shooting in class XI Al Irsyad High School Surabaya. After knowing the results of the influence of the learning model (VAK) on learning basketball shooting, then the researchers found out that the increased data from research results from the initial skills of basketball shooting to posttest had an increase of 2%.
Keywords: Learning style model (VAK), Shooting basketball.