PENERAPAN LAYANAN INFORMASI KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA
IMPLEMENTATION OF CAREER INFORMATION SERVICES TO IMPROVE STUDENT CAREER UNDERSTANDING
Pemahaman karir memiliki peran penting di dalam sebuah pengambilan keputusan karir bagi peserta didik. Bagi peserta didik yang mempunyai pemahaman karir yang baik dapat membantu untuk menentukan pilihan karirnya, pemahaman karir peserta didik diperoleh dengan cara memahami dirinya dan mencari berbagai informasi yang digunakan sebagai penunjang alternative karir. Permasalahan peserta didik dalam pemahaman karir ini juga ditemui di salah satu sekolah di Sidoarjo yaitu SMAN 1 Tarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk upaya meningkatkan pemahaman karir siswa sekolah menengah dengan menggunakan layanan informasi karir. Pengumpulan data awal peserta didik yaitu dengan beberapa teknik, diantaranya yaitu menyebarkan Angket Kebutuhan Peserta Didik, wawancara dengan guru BK, dan menyebarkan angket pre-test kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Eksperimen Pretest Posttest One-Group Design. Teknik untuk analisis dan pengolahan data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dengan (SPSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman karir peserta didik dengan presentase sebesar 43% setelah diberikan layanan informasi karir.
Kata kunci: Pemahaman Karir, Layanan Informasi Karir
Career understanding has an important role in making career decisions for students. For students who have a good career understanding can help to determine their career choices, students' career understanding is obtained by understanding themselves and looking for various information that is used as a support for alternative careers. The problems of students in understanding careers are also found in one of the schools in Sidoarjo, namely SMAN 1 Tarik. The aim of this research is to increase the career understanding of high school students by using career information services. The initial data collection of students is done using several techniques, including distributing Student Needs Questionnaires, interviews with BK teachers, and distributing pre-test questionnaires to students. This research is a type of Experiment Pretest Posttest One-Group Design. Techniques for analysis and processing of data using the Wilcoxon signed rank test with (SPSS). The results of this study indicate an increase in students' career understanding with a percentage of 43% after being given career information services.
Keywords: Career Understanding, Career Information Service.